Kisah Masa Depan, Kisah Nyata

Tanda-Tanda Hari Kiamat

Tanda tanda-tanda kiamat kecil dan besar

Di antara tanda-tanda kiamat kecil ialah muncul banyak fitnah, banyak terjadi pembunuhan, perbuatan hina merajalela, perbuatan keji dan kemungkaran semisal zina, minum arak, perjudian, merasa bangga dengan perbuatan buruk dilakukan secara terang-terangan. Sehingga, orang yang berpegang teguh pada agamanya bagaikan orang yang menggenggam bara api.

Demikianlah pula termasuk di antara tanda-tanda kiamat kecil ialah dicabutnya ilmu, kebodohan nampak, kuantitas kaum perempuan banyak sekali, kaum laki-laki hanya sedikit, sutra banyak dipakai, banyak orang menjadi penyanyi, seseorang melewati kuburan orang lain, lalu dia berkata, “Seandainya saja aku berada di posisi dia.”

Termasuk di antara tanda-tanda kiamat kecil ialah muncul para dai yang menyesatkan, para pemimpin yang menyimpang, amanat disia-siakan dengan diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya. Demikian pula minimnya kebaikan, jarang hujan, sering terjadi gampa, banjir, harga-harga barang melangit, kaum perempuan keluar dengan menanggalkan pakaian, berpakaian tapi telanjang.

Di samping itu, termasuk di antara tanda-tanda kiamat kecil ialah terjadinya peperangan yang menentukan antara kaum Yahudi dan kaum muslimin. Akhirnya kaum muslimin membunuh mereka sehingga orang-orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, lalu pohon atau batu tersebut berbicara, “Wahai orang muslim, wahai hamba Allah! Ini orang Yahudi di belakang saya. Kemarilah, bunuh dia!” Kecuali pohon Gharqad, karena sesungguhnya pohon Gharqad termasuk pohon orang Yahudi.

Di samping itu, termasuk tanda-tanda kiamat kecil ialah waktu berjalan terasa cepat, sehingga setahun seakan-akan hanya sebulan, sebulan seakan-akan hanya satu jam, dan satu jam bagaikan bara api yang membakar.

Termasuk pula di antara tanda-tanda kiamat kecil ialah menyia-nyiakan shalat, menuruti hawa nafsu, Orang pendusta dibenarkan, dan orang yang jujur didustakan, orang yang berkhianat dianggap dapat dipercaya, orang yang dapat dipercaya dianggap berkhianat. Alquran menjadi lenyap. Yang tersisa hanyalah tulisannya, mushaf-mushaf dihias dengan emas, kaum perempuan jadi pembicara, dan masjid-masjid juga dihias.

Diantara tanda-tanda kiamat besar ialah sebagai berikut:

Terbitnya matahari dari arah barat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kiamat tidak akan datang sebelum matahari terbit dari arah Barat. Apabila orang-orang melihat hal ini, maka semua orang yang ada di atasnya beriman. Hal ini pada saat tidak berguna lagi iman seseorang yang memang belum beriman sebelum itu, atau (belum) berusaha berbuat kebajikan dengan imannya itu.”

Kabut

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Maka Tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas yang meliputi manusia. Inilah adzab yang pedih.” (QS. Ad-Dukhan: 10-11)

Yang dimaksud dengan dukhan dalam ayat ini ialah kabut tebal yang memenuhi antara langit dan bumi yang muncul sebelum kiamat datang yang mengambil nafas orang-orang kafir sehingga mereka hampir tercekik sedangkan bagi orang-orang mukmin seperti mengalami pilek. Kabut ini berlangsung di muka bumi selama empat puluh hari.

Munculnya Dabbah (binatang) yang dapat berbicara dengan manusia

Di antara tanda-tanda kiamat besar ialah keluarnya Dabbah (binatang) dari dalam bumi yang dapat berbicara dengan manusia dengan bahasa yang fasih yang dapat dipahami oleh semua yang mendengarnya. Dabbah itu mengabarkan kepada mereka bahwa manusia dahulu tidak beriman kepada ayat-ayat Allah. Dabbah ini muncul di akhir zaman pada saat manusia telah mengalami kebobrokan, mereka meninggalkan perintah-perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan mengganti agama yang benar. Lantas Dabbah berbicara kepada mereka, “Sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat kami.” Dabbah ini keluar dengan membawa tongkat Nabi Musa ‘alaihissalam dan cincin Nabi Sulaiman ‘alaihissalam. Hidung orang-orang kafir diberi cap dengan cincin. Dan wajah orang mukmin menjadi terang berkat tongkat tersebut sehingga dapat dikenali antara orang mukmin dan orang kafir.

Munculnya al-Masih Dajjal

Dia dinamai al-A’war ad-Dajjal karena dia buta sebelah matanya yang kanan. Fitnahnya merupakan fitnah terbesar yang menimpa orang-orang di akhir zaman. Al-A’war ad-Dajjal tidak hanya mengaku-aku sebagai nabi, bahkan dia juga mengaku-aku sebagai tuhan. Muncul beberapa hal-hal yang luar biasa melalui kedua tangannya sebagai bentuk istidraj dari Allah Subhanahu wa Ta’ala kepadanya dan sebagai ujian bagi para manusia. Dia berkata kepada langit, “Hujanlah!” Maka langit pun menurunkan hujan. Dia berkata kepada bumi, “Keluarkanlah tanamanmu dan kekayaan yang kau pendam!” Maka bumi pun mengeluarkannya. Dia dapat membunuh manusia lalu menghidupkannya kembali. Dia mengelilingi seluruh permukaan bumi. Semua daerah yang dia masuki pasti dia berbuat kerusakan di dalamnya kecuali Mekah dan Madinah. Sebab, jika dia hendak memasukinya, dia menjumpai malaikat yang menjaganya, makanya dia kembali dan gagal. Dajjal kali pertama muncul di sebuah kota yang bernama Asfihan. Pada awalnya dia diikuti oleh tujuh puluh ribu orang Yahudi. Kemudian dia diikuti oleh orang-orang rendahan, orang-orang bodoh, dan rakyat jelata. Dia berada di muka bumi selama empat puluh hari. Ada sehari yang bagaikan setahun. Ada yang sehari bagaikan sebulan. Dan ada sehari yang bagaikan sepekan. Selebihnya, hari-hari sebagaimana hari-hari biasa.

Semua keterangan ini terdapat di dalam hadis-hadis shahih. Kami akan menuturkan sebagian di antaranya dengan pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tidak ada seorang nabi pun melainkan memberi peringatan kepada umatnya mengenai orang buta sebelah yang pendusta. Ingalah bahwa dia buta sebelah. Sesungguhnya Rabb kalian tidak buta sebelah. Di antara kedua matanya tertulis ‘kafir’ yang dapat dibaca oleh semua muslim.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya Dajjal keluar dengan membawa air dan api. Maka, air yang dilihat oleh orang-orang sesungguhnya adalah api yang membakar. Sedangkan api yang dilihat oleh orang-orang, sesungguhnya adalah air yang dingin dan segar. Barangsiapa di antara kalian yang menjumpai hal ini, maka hendaklah dia menjatuhkan diri pada sesuatu yang dilihatnya api, karena sesungguhnya hal itu adalah air segar yang baik.”

An-Nawwas bin Sam’an radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menuturkan tentang Dajjal pada suatu pagi. Beliau merendahkan tetapi juga meninggikan suaranya, sampai-sampai kami menduga bahwa Dajjal berada di satu sisi pohon kurma.” (Maksudnya, beliau merendahkan suaranya dengan menyebutkan bahwa dia buta sebelah dan di antara kedua matanya tertulis ‘kafir’. Beliau juga memandang besar fitnah Dajjal karena mencakup hal-hal yang luar biasa. Artinya, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersungguh-sungguh mengganggap dekat munculnya Dajjal. Beliau menggunakan redaksi yang bermacam-macam, baik yang merendahkan maupun yang meninggikan –redaksi sehingga kami menduga- untuk bersungguh-sungguh dalam menganggap dekat –bahwa Dajjal berada di satu sisi pohon kurma- di (Madinah).

Beliau bersabda, “Selain Dajjal yang lebih saya khawatirkan atas diri kalian. Apabila dia muncul sedangkan saya masih ada di antara kalian, maka sayalah yang akan mematahkan hujjahnya untuk membela kalian. Apabila dia muncul dan saya sudah tidak ada di antara kalian, maka tiap-tiap orang membela dirinya sendiri. Allah yang menggantikan diriku atas setiap orang muslim. Dajjal adalah pemuda yang berambut keriting, matanya sayu, seakan-akan saya menyamakannya dengan Abdul Uzza bin Qathan (seseorang yang binasa pada masa jahiliyah). Barangsiapa bertemu dengannya, maka bacakan kepadanya bagian pembukaan surat Al-Kahfi. Dia muncul di daerah antara Syiria dan Irak. Dia membuat banyak kerusakan di kanan dan di kiri. Wahai hamba-hamba Allah! Tetaplah (pada keimanan dan janganlah melenceng darinya).” Kami bertanya, “Wahai Rasulullah! Berapa lama dia berada di muka bumi?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Empat puluh hari. Yang sehari bagaikan setahun. Sehari lagi bagaikan sebulan. Dan sehari lagi bagaikan sepekan. Sedangkan hari-hari lainnya seperti hari-hari biasa.

Kami kembali bertanya, “Wahai Rasulullah! Pada sehari yang bagaikan setahun, cukupkah bagi kami melakukan shalat untuk sehari dalam hari tersebut?”

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak. Perkirakanlah kadar waktunya.”

Kami bertanya lagi, “Wahai Rasulullah! Seperti apakah kecepatan Dajjal di bumi?”

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Bagaikan mendung yang ditiup angin. Dia mendatangi suatu kaum, lalu dia mengajak kaum tersebut, kemudian mereka beriman kepadanya dan menerimanya. Lantas dia memerintahkan langit untuk menurunkan hujan, maka langit pun menurunkan hujan. Dia memerintahkan bumi untuk mengeluarkan tanaman, lantas bumi pun menumbuhkan tanamannya, sehingga binatang-binatang ternak mereka kembali di penghujung siang dalam keadaan yang sangat baik, punuknya besar, serta gemuk dan kenyang. Kemudian dia mendatangi kaum lain, lalu dia mengajak kaum tersebut, dan ternyata kaum ini menolaknya (mereka masih teguh dengan ketauhidannya), lantas dia berpaling dari kaum tersebut, lantas mereka mengalami paceklik (tidak ada hujan turun di wilayah mereka dan rerumputan menjadi kering). Tidak ada harta apa pun di tangan mereka dan mereka berjalan melewati reruntuhan, kemudian Dajjal berkata pada reruntuhan tersebut, ‘Keluarkanlah harta pendamanmu,’ maka harta pendaman reruntuhan tersebut mengikutinya sebagaimana ratu lebah. Selanjutnya Dajjal memanggil seorang pemuda kekar, lalu dia membelahnya dengan pedang menjadi dua bagian yang terpisah jauh sejauh lemparan, kemudian dia memanggilnya lagi, lantas potongan tubuh itu menghadap dengan wajah yang berseri-seri sambil tertawa.

aDalam kondisi yang demikian, selanjutnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Nabi Isa Al-Masih bin Maryam ‘alaihissalam. Beliau turun di menara putih sebelah timur Damaskus, mengenakan dua pakaian yang diwarnai, seraya meletakkan kedua telapak tangannya pada sayap dua malaikat. Ketika beliau menundukkan kepalanya, keringat bercucuran bagaikan permata. Orang kafir tidak mungkin mencium nafasnya kecuali langsung mati. Nafas beliau sampai sejauh mata memandang. Kemudian Nabi Isa mencari Dajjal sehingga beliau menemukannya di Bab Lud (nama tempat Syiria) lalu nabi Isa membunuhnya. Selanjutnya Nabi Isa mendatangi kaum yang telah dilindungi oleh Allah dari Dajjal, lalu beliau mengusap wajah-wajah mereka, beliau menjelaskan kepada mereka derajat mereka di surga.

Dalam kondisi demikian, Allah Subhanahu wa Ta’ala memberi wahyu kepada Nabi Isa ‘alaihissalam, ‘Sungguh, Aku telah mengeluarkan hamba-hamba-Ku. Tidak ada seorang pun yang mempunyai kemampuan untuk memerangi mereka. Kumpulkanlah mereka ini ke bukit Tursina (Jadikanlah bukit Tursina sebagai benteng).’ Selanjutnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengirim Ya’juj Ma’juj. Mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Orang pertama di antara mereka melewati danau Thabariyah, lalu mereka meminum airnya. Orang terakhir juga melewatinya, lalu mereka berkata, ‘Sungguh, tadi ada di danau ini banyak airnya.’ Nabi Isa ‘alaihissalam beserta sahabat-sahabatnya semakin kepepet, sehingga kepala sapi bagi salah seorang di antara mereka lebih baik dari pada seratu dinar bagi kalian semua hari ini (lantaran mereka sangat membutuhkan makanan), kemudian Nabi Isa beserta sahabat-sahabatnya berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. (Mereka memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar gangguan Ya’juj Ma’juj segera dihilangkan), lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala mengirim cacing di dalam hidung unta dan kambing pada leher-leher mereka. Lantas mereka pun mati sekaligus. Kemudian Nabi Isa ‘alaihissalam beserta sahabat-sahabatnya turun ke bumi. Ternyata mereka tidak menemukan tempat sejengkal pun di muka bumi kecuali dipenuhi oleh bau busuk. Lantas Nabi Isa beserta sahabat-sahabatnya memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian Allah mengirimkan burung-burung semisal leher unta. Burung-burung itu membawa bangkai Ya’juj Ma’juj lalu dilemparkan sesuai kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala mengirimkan hujan yang tidak dapat ditahan oleh tanah keras dan gandum. Maka, bumi pun dicuci bersih sehingga seperti kaca. Kemudian dikatakan kepada bumi, ‘Tumbuhkanlah buah-buahmu dan kembalikanlah berkahmu.’ Pada hari itu sekelompok orang memakan delima dan mereka berteduh dengan kulitnya, air susu sangat diberkahi. Bahkan, seekor unta yang hampir melahirkan mencukupi untuk sekelompok orang banyak. Seekor sapi yang hampir melahirkan mencukupi untuk satu kabilah. Seekor kambing yanghampir melahirkan mencukupi satu suku. Dalam kondisi demikian, tiba-tiba Allah Subhanahu wa Ta’ala mengirimkan angin yang baik, lalu angin ini mengena mereka di bawah ketiak mereka, sehingga ruh setiap orang mukmin dan muslim dicabut. Yang masih tersisa tinggal orang-orang jahat. Orang-orang pun melakukan hubungan seks sebagaimana keledai (artinya, lelaki dan perempuan melakukan hubungan seks secara terang-terangan di hadapan banyak orang bagaikan keledai). Maka, dalam kondisi demikian datanglah hari kiamat.” (HR. Muslim)

Turunnya Nabi Isa bin Maryam ‘alaihissalam

Termasuk di antara tanda-tanda kiamat besar ialah turunnya al-Masih Nabi Isa bin Maryam ‘alaihissalam. Alquran dan hadis-hadis telah menunjukkan hal ini. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Tidak ada seorang pun di antara ahli kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.” (QS. An-Nisa: 159)

Artinya, tidak ada seorang pun dari ahli kitab melainkan akan beriman kepada Nabi Isa ‘alaihissalam menjelang kematiannya dan pada hari kiamat Nabi Isa ‘alaihissalam akan memberi kesaksian kepada mereka.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Dan sungguh, dia (Isa) itu benar-benar menjadi pertanda akan datangnya hari kiamat. Karena itu, janganlah kamu ragu-ragu tentang (kiamat) itu dan ikutilah aku. Inilah jalan yang lurus.” (QS. Az-Zukhruf: 61)

Sesungguhnya turunnya Nabi Isa ‘alaihissalam merupakan tanda-tanda kiamat sudah dekat. Terdapat beberapa hadis mutawatir mengenai turunnya Nabi Isa ‘alaihissalam. Sekarang ini Nabi Isa ‘alaihissalam hidup di langit. Allah Subhanahu wa Ta’ala mengangkat ruhnya dan jasadnya kehadirat-Nya. Beliau akan turun ke bumi sebagai hakim yang adil yang menetapkan hukum berdasarkan syariat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Asy-Syaikhani meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Demi Dzat yang menguasai jiwaku. Sungguh, putra Maryam akan turun kepada kalian semua sebagai hakim yang adil. Lalu dia menghancurkan salib, membunuh babi, dan meniadakan pajak. Harta pun melimpah-limpah sehingga tidak ada seorang pun yang mau menerima (pemberian orang lain). Sehingga sujud sekali lebih baik dari pada dunia dan isinya.” Terdapat di dalam hadis-hadis shahih pula bahwa Nabi Isa ‘alaihissalam adalah orang yang akan membunuh Dajjal. Dan setelah misi Nabi Isa bin Maryam ‘alaihissalam selesai, beliau meninggal dunia, lalu kaum muslimin menshalatinya dan dimakamkan di kamar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang suci.

Keluarnya Ya’juj Ma’juj

Ya’juj Ma’juj disebutkan di dalam Alquran Al-Karim di dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Mereka berkata, ‘Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?’.” (QS. Al-Kahfi: 94)

Ya’juj Ma’juj merupakan kabilah dari keturunan Yafits bin Nuh. Mereka keluar di akhir zaman setelah dinding penghalang yang dibuat oleh Dzulqarnain jebol. Lantas mereka membuat kerusakan di muka bumi dengan berbagai macam tindakan keji dan kerusakan. Saking banyaknya, mereka memakan makanan dan tanaman apa saja yang dijumpainya dan meminum danau Thabariyah sampai seakan-akan tidak pernah ada airnya.

Keluarnya api yang menggiring manusia ke padang Mahsyar

Api ini keluar dari tanah ‘Adn, yaitu api besar yang menakutkan. Tidak ada sesuatu pun yang dapat memadamkannya. Api ini menggiring manusia ke padang Mahsyar. Demikianlah di antara tanda-tanda kiamat besar. Kita memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar menyelamatkan kita dari api dunia dan akhirat dan semoga Dia menyelamatkan kita dari kengerian kiamat berkat anugerah-Nya dan kemuliaan-Nya. Sungguh, Dia Maha Mendengar dan Mahadekat.

Sumber: Hiburan Orang-orang Shalih, 101 Kisah Segar, Nyata dan Penuh Hikmah, Pustaka Arafah Cetakan 1

Artikel www.KisahMuslim.com

Flashdisk Video Belajar Iqro - Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28

79 Comments

  1. rahma

    Assalamualikum.
    apakah di jaman sekarang sudah masuk kiamat kecil ustad.??
    untuk doanya Allahuma Aamiin.

  2. AghismaHayatiSyarief

    Intinya, kita harus lebih meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT.

  3. carafb

    syukran manfaat sekali dan menarik disimak

  4. milla

    Masya Allah,, sungguh besar kuasa Allah SWT.. setelah membaca ini, saya sadar bahwa islam adalah agama yang benar, dan segala sesuatu yang ada didunia dan segala kebutuhan manusia telah diatur seindah mungkin dlm Al-Qur’an.. Subhanallah….

  5. putu sunan kalijaga

    semuga kta trmasuk orang2 yg d lindungi alloh swt. Amin

  6. ahmad fauzi

    Pak ustadz..bagaimana caranya memperteguh iman..

  7. Septian Dikky R

    Uztadz saya izin copas boleh tidak…

  8. yazid rais

    Trimakasih ustadz, hal ini sangat bermanfaat

  9. Mutykhafogharalli

    masya Allah, bermanfaat bagi semua manusia yang hidup di bumi yang melihat nya kafir mau pun hatijh saya pernah mendengar kata2 orang arab yang beriman sekali!
    beliau bilang “jaga iman mu, hingga kau hidup di akhirat. selagi kau bermusuhan dengan Allah, Ingat! kau sebutkan Allahuakbhar! bila Allah tidak mau menyebutkan nama mu lagi bersholat lah 5 waktu sepanjang masa hingga dosa mu di ampuni oleh Allah Subhana Wata’ala”

  10. Muhammad Rikza

    terima kasih ,..kata katanya bagus sekali ..membuat hati dan fikiranku tergugah. .. terima kasih …

  11. busye

    terima kasih

  12. Susi yulinar

    Trimaksh sngt bermanfaat infonya utk menambah pengetahuan sy

  13. arye

    Terima kasih sangat bermanfaat

  14. tata permana

    bagus sekali…semoga hati semua umat islam tergugah membacanya

  15. LinaCahNdeso

    جزاكم الله احسن الجزىسُبْحَانَ اللّهُ
    Sungguh artikel yang sangat memukau dan bermanfaat bagi saya yang masih awam dalam Keislaman. Semoga Allah SWT membalas amal Andika dengan kebaikan dunia dan akhirat.
    آمِيْن يآمُجيْبَ السَّائِليْنَ

  16. Ihza Novellino

    Terima Kasih Infonya ya…. Menambah ilmu saya,,,,,

  17. puja

    Masya Allah,, sungguh besar kuasa Allah SWT.. setelah membaca ini, saya sadar bahwa islam adalah agama yang benar, dan segala sesuatu yang ada didunia dan segala kebutuhan manusia telah diatur seindah mungkin dlm Al-Qur’an.. Subhanallah…

  18. Hamba allah

    Trima kasih pa ustat.penjelasan tadi bisa membuat kita untuk intropeksi diri,apkah diri kita sudah beriman kpd allah?atu belum?

  19. qwcientai-one

    syukron ala jami’a…

  20. adityaveriandi

    اَلسَّلاَمُعَلَيْكُمْوَرَحْمَةُاللّهِوَبَرَكَاتُهُ
    Makasih Banyak Pak Ustad, dengan membaca ini saya sadar bahwa saya sering membentak” orang tua saya & menyuruh,a dengan membaca artikel ini mudah”an saya bisa Taubat dan berjalan lurus di sisi Allah.SWT . Amiin

    Terimakasih Pak Ustad buatlah Artikel yg bermanfaat bagi semua umat Muslim …

  21. Fajra Hanifa

    Izin copas buat tugas di sekolah, Pak ustad..

  22. Imas elih Azizah Fitria

    Afwan ustadz, sy izin copas. Syukron.

  23. Trma kasih uztad… saya menjadi lebih taat beribadah…

  24. ardi les

    terimakasih atas baca nya, agar selalu ingat dengan allah. . . .

  25. Nor Asfarina Erny

    semoga isah-kisah yang dihimpunkan akn dapat mnjadi bmbngan untk kita mnruskan prjuangn sbg khalifah…insaallah

  26. Yusrifan mubdi hayyu

    Ini sangat bermanfat bagi umat muslim

  27. Indra Hermanto

    afwan saya save laman ini.

  28. Indra Hermanto

    ustad afwan…
    izin nge-save

  29. zulfahri siregar

    it’s a magink….
    so wonderfull

  30. zulfahri siregar

    thankz…..
    semoga dibukakan pintu taubat buat kita semua….
    amiin

  31. cassy meyske

    subhanallah besar sekali siksaannya di akhirat ternyata saya sadar membaca ini sungguh nyata sebenarnya saya ingin sekali masuk surga dan ingin kedua orgtua saya masuk juga ke surga ya Allah hamba ingin selamat di dunia akhirat

  32. cassy meyske

    يا الله فتح لباب قلوبنا ننتقل بعيدا عن إغراءات الشيطان نريد أن نذهب إلى السماء الله نعم كان مفتوحا قلوبنا وليس قلوبنا ونحن نريد لتدوير الصراط المستقيم ونحن نريد فعلا لتشغيل الأمر إزالته كان خطايانا وخطايا آبائنا حمايتنا من العالم الآخر، آمين يا الله

    ARTINYA:

    ya ALLAH bukakanlah pintu hati kami jauhilah kami dari godaan setan kami ingin masuk surga YA ALLAH buka kan lah hati kami dan jangan putarkan hati kami kami ingin jalan yang lurus sesungguhnya kami ingin menjalankan perintah mu hapus kan lah dosa dosa kami dan kedua orangtua kami lindungilah kami dari dunia akhirat amin ya Allah

  33. nita

    terimakasih atas semua ilmunya,,, ini sangat berarti bagi saya dan yang lainnya,,

  34. ya allah ampunilah dosa2 hamba mu nie aku bertaubat kepada mu ya allah aku menyesal melakukan perbuatang2 yg telah aku lakukan ampunilah akv y allah hanya kepada mu lah aku kmbli

  35. anto mahardika

    Ya Alloh…,,,ampuni dosa2 hamba&klrga hamba,jadikan kami orang2 yg bertaqwa kepadaMu

  36. yaya raviya binti H.Abdul Samad

    Apabila Engkau Menginginkan Dunia maka Hendaklah Engkau Berilmu Apabila Engkau Menginginkan AkhirT Maka Hendaklah Engkau Berilmu Dan Barang Siapa Menginginkan Ke2Nya Maka Hendaklah Pula Berilmu.Begitu Mulia Kedudukan Ilmu maka Dekatilah Ilmu yang dapat menghantarkan kita pada Keridhoan Alloh SWT,Amiin YRA.

  37. yaya raviya binti H.Abdul Samad

    MasyaAlloh…Semoga Umat Islam terkhusus saya Pribadi dapat Mengambil Hikmah Dari Tanda2 Kiamat yg semakin Terasa Dekat.Hasbunallahi Wa’nikmalWakil ,Cukuplah Alloh sebagai Penolongku.

  38. Sulfiana

    afwan.. sy boleh share ini kan ya?

  39. wawan

    ya allah tetapkan iman dan islamku jadikanlah aku dan keluargaku yang pandai mensyukuri nikmatMU amien

  40. IZNA AYU AKASIANI YUSHARTIWI

    semoga mendapat hikmah dari allah. amien …

  41. ayu natalia

    assmualaikum wr.wb
    pd zaman skrang bnyak bnget musibah .. pa ni akan menuju akhir ..

  42. Musafir Asing

    Ustadz terima kasih infonya. Jazakallah. .

  43. Tri Handayani

    Ya Allah jadikan kai semua muslim yang senantiasa ada di jalanMu…aamiin aamiin aamiin ya robbal’alamin.,

  44. ediedot

    ya alloh mohon ampun atas segala dosaku yang telah aku lakukan ,maafkanlah ya alloh jadikanlah hamba ini orang yang selalu sujud di hadapanmu. karena aku masih banyak ketidak tahuan atas tingkah laku yang sesuai dengan kehendakmu.amiiiiiiiiiin

  45. sugeng riyadi

    Subhanaullah,Maha Suci Allah SWT dengan segala Firmannya dan Salawat serta Salam semoga terlimpahkan kepada nabi bana wa nabiana Muhammad SAW ,sungguh nyata firman Allah SWT,Skarang sdh sangat nampak ap yg mnjaadi tanda” kiamat,adai semua orang dan saya sndiri mmengetahui dan memahami bisa sadar amin….Ya Allah bimbinglah kami ke jalan lurusmu,jadikan kami hambamu ya Soleh,dan bertakwa kepadamu Ya Allah amin….dan bagi yang membuat/mengisi blok dengan wawasan Islam ini mndapat pahala dan rahmat Allah atas perbuatan Baik amin… ya Robal Alamin

  46. Allahu akbar allahu akbar allahu akbar, maha besar Allah dgn segala kehendaknya,,,,,,

  47. ferry

    “Berkahilah dan lindungilah umat muskim di bumi ya allah..”

  48. terima kasih……… ya alloh atas kehendakmu dan menciptakan dunia ini yang sangat indah , dan saya sadar bahwa dunia ini akan berakhir atas kehendak mu

  49. Siti komariyah

    Ya allh tl0ng ingatkan q bla q brbwt yg tidak bnar.”bwt smuanya yg membc ini. .gmana biar lbh briman ,lbh baik.lbh dkat sma allh. .&sya ingn sx mnuttp aurot tp rzanya gerah.blum trbuka ht sya.gmana slusinya?tlg blz

  50. Kiamat adalah kenyataan
    Tetapi kita belum mengetahui,kita sudah mati sebelum kiamat.
    Pasti kita akan takut dengan kiamat

  51. tisa miftania aura.

    alhamdullilah.. saya sudah di beritau tentang hari kiamat. terima kasih sekali lagi. semoga yg membaca dapat ilmu yang banyak dan bermanfaat…..

  52. jajang permana

    SUBHANALLAH…

  53. Tito Sudiatno

    Allahumma inni a’udzubika min adzaabi jahannam, wa min adzaabi kubri, wa min fitnati mahyaa wa mamaat, wa min syarri fitnati masihid dajjaal.

  54. ini harus diketahui oleh seluruh umat islam

  55. supriyanto

    allah maha mengatahui segala galanya….maha suci allah,maha benar allah atas segala firmannya

  56. Terima kasih atas ilmu nya, mudah-mudahhan kita termasuk ahli surga, aamiin :) !

  57. husein

    TERIMA KASIH INFO.A….. SEMOGA KITA SEMUA SEBAGAI MANUSIA YANG BERIMAN MASUK SURGA.A ALLAH AMIN

  58. Eva Diana Dewi

    SUBHANALLAH..
    ustad apa benar manusia yang mati di hari kiamat itu dipastikan masuk neraka ??

  59. Julraflis

    Sudah pasti IYA mbak Eva. Karena manusia yang mati karena hantaman bencana besar hari kiamat adalah manusia2 pendosa yg tersisa. Sebelum terjadinya bencana besar kiamat orang2 mukmin sudah diambil duluan oleh tuhan dengan media angin sepoi2 dari bawah ketiaknya masing2. yg tersisa orang2 kafir2 saja lalu kiamatpun terjadi.

  60. Julraflis

    TerjadinyA kiamat karena sudah memuncaknya kemurkaan tuhan( Allah SWT ) akan keusakan2 yg terjadi di Bumi dan itu sudah digariskan oleh Allah SWT. Sebelum bencana besar kiamat terjadi orang2 mukmin akan dimatikan dulu oleh tuhan melalui angin sepoi2 dari bawah ketiaknya. Jadi tidak ada lagi orang2 muslim yg tersisa di Bumi saat itu kecuali orang2 kafir. Baru lah setelah itu bencana besar kiamat terjadi dengan ditandai suara sangkakala yang melengking memecahkan gendang telinga.

  61. mudah mudahan bisa lebih istigpar

  62. mudah mudahan jadi lebih bisa taat kepada alllah swt

  63. jantisakhoiriah hasibuan

    Good membwat tau akan hari akhir

  64. hajar aswad. s

    setiap kali membaca tulisan tentang hari akhir, membuat hati ini bergetar,,,dan rasanya mata ini mau menangis.

  65. rizaldy

    Ijin Share Artikelnya Boleh?
    Terima Kasih

  66. Adel

    Alhmdllh,artikel yg Pak ustad buat sangat membatu saya Dan mempertebal keimanan saya.. Semoga kita semua selalu dalam lindungan allah Dan sellalu dihindarkan dari fitnah dajjal aamiinnn,,,,

  67. sinta purnama

    جزاك الله خير

  68. Umii Tzabita Zeen

    ayo .. skrng kita saatx bdrtobatt !!

  69. intanticyawulandari

    Terima kasih ustadz,
    Perbanyak yaaaa ilmunya

  70. Yaallah,semoga kami semua ditempatkan pada org2 yg beriman..
    In sha allaj

  71. rika agustina

    Assallamualaikum . Pak ustadz knpa yang dibacakan saat berjumpa dengan dajjal adalah surah al.kahfi ?

  72. Burha

    Masyaalloh, baca artikel seperti ini makin mempertebal iman dan menambah semangat kita untuk beramal. Terima kasih artikelnya.

  73. Taufik

    Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh, mohon ijin share , terima kasih wassalam

Leave a Reply