Kisah Pilihan, Mutiara Faidah, Teladan Muslimah

Dia Berdoa: “Semoga Allah Mengharamkan Surga untuk Ayahku”

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Tersebutlah seorang gadis, dia wanita karier. Pegawai di sebuah instansi. Terkesan sang ayah ingin menguasai hartanya. Sang ayah sebagai walinya selalu menolak setiap pinangan laki-laki yang hendak menikahinya. Baik karena sebab atau tanpa sebab, semua ditolak mentah-mentah. Sampai berlalu bertahun-tahun lamanya. Hingga dia memasuki usia cukup tua, tidak lagi menjadi arah lirikan kaum lelaki. Tidak disangka, ternyata sang wanita menahan rasa sakit hati mendalam karena sikap orang tuanya. Namun dia tetap berusaha menjadi anak yang berbakti.

Suatu ketika dia sakit karena tekanan batin yang dia alami. Tekanan batin akibat kedzaliman orang tua, yang selalu menolak setiap lelaki yang datang melamarnya. Sakitnya semakin parah, hingga akhirnya dia harus opname di rumah sakit. Setelah menjalani perawatan yang cukup lama, dengan takdir Allah, kematian menjemputnya. Namun tekanan batin itu semakin membesar dan tak tertahankan. Di detik terakhir itulah dia meluapkan perasaannya. Dia panggil ayahnya,

“Wahai ayahku.., ucapkanlah amiin..” dengan sigap, sang ayah mengikutinya, “Amiin..” “Wahai ayahku.., ucapkanlah amiin..” dia mengulangi. “Amii..n” sambut sang ayah. Hingga dialog singkat ini diulang sebanyak tiga kali. Selanjutnya sang anak membaca doanya: “Saya memohon kepada Allah, agar Dia menghalangi ayah dari surga, sebagaimana ayah menghalangiku untuk menikah..!” Kemudian dia menemui ajalnya. (Dzulmul Mar’ah, hlm. 51)

Innaa lillahi wa inna ilaihi raajiuun. Musibah besar yang dialami sang ayah yang dzalim.

Kisah ini bukan untuk ditiru. Baik untuk pelaku maupun korban. Karena jelas keduanya merugikan. Hanya saja anda bisa bayangkan, apa keuntungan sang ayah dengan menolak sekian pinangan lelaki untuk putrinya. Kriteria lelaki seperti apa yang dia inginkan untuk bisa mendampingi putrinya. Mengapa dia tidak mengaca pada dirinya yang penuh kekurangan, sementara dia diterima untuk menjadi suami bagi wanita yang  menjadi ibu anaknya.

Ada beberapa orang yang bertanya, kita sering mendengar istilah anak durhaka, untuk menyebut anak yang tidak mengikuti perintah atau melanggar larangan orang tua. Lalu bagaimana dengan orang tua. Adakah orang tua durhaka?
Jawabannya: ada. Tapi istilahnya bukan durhaka. Orang tua yang dzalim. Anak durhaka Vs orang tua dzalim. Sebagaimana istri durhaka, kebalikannya, suami dzalim.

Mereka bisa saling mendzalimi. Bawahan mendzalimi atasan, sebaliknya, atasan mendzalimi bawahan. Ini semua bisa terjadi karena sebab: ketika mereka tidak menunaikan hak dan kewajiban sebagaimana mestinya.

Perintah Allah untuk Menikahkan Orang Lain

Allah memerintahkan orang yang sudah menikah untuk turut mensukseskan terbentuknya pernikahan orang lain. Jika dia wali, maka dia berkewajiban menikahkan para wanita yang berada di bawah kewaliannya dengan mencarikan calon suami yang baik. Demikian pula ketika anaknya laki-laki. Orang tua harus memberikan izin kepada putranya untuk menikahi wanita pilihannya, selama tidak ada madharat yang merugikan dirinya atau keluarganya setelah menikah.

Allah berfirman,

وَأَنكِحُوا الأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha mengetahui. (QS. An-Nur: 32).

Makna : “orang-orang yang sedirian” adalah orang-orang yang belum menikah, baik laki-laki maupun perempuan.

Ibn Abbas mengatakan,

يأمر تعالى الأولياء والأسياد، بإنكاح من تحت ولايتهم من الأيامى وهم: من لا أزواج لهم، من رجال، ونساء ثيب، وأبكار، فيجب على القريب وولي اليتيم، أن يزوج من يحتاج للزواج، ممن تجب نفقته عليه

Allah memerintahkan kepada para wali dan kepala keluarga untuk menikahkan setiap orang yang belum menikah, yang berada di bawah kewaliannya, baik laki-laki maupun perempuan, gadis maupun janda. Kewajiban keluarga dan wali anak yatim untuk menikahkan setiap anak yang siap menikah, yang wajib dia nafkahi.. (Tafsir As-Sa’di, hlm. 567).

Imam Ibn Utsaimin mengatakan,

وأوصي أيضاً الآباء بالنسبة لأبنائهم وبناتهم : أن يتقوا الله تعالى فيهم ، لأن الأب إذا كان قادراً على تزويج ابنه وجب عليه أن يزوجه وجوباً كما يجب أن يكسوه ويطعمه ويسقيه ويسكنه يجب عليه أن يزوجه

Aku nasehatkan kepada para bapak (kepala rumah tangga), terkait putra – putri mereka, bertakwalah kepada Allah dalam mengurusi mereka. Karena ketika bapak mampu menikahkan putranya maka dia wajib menikahkannya, sebagaimana dia wajib memberi pakaian, memberi makan, minum, tempat tinggal kepadanya, dia juga wajib menikahkannya. (Al-Liqa as-Syahri, volume 28, no. 2)

Penuhi hak mereka untuk menikah, sebagaimana anda memenuhi hak mereka untuk hidup dengan layak.

Allahu a’lam

Sumber: Dzulmul Mar’ah, hlm. 51 (Diterjmahkan oleh Ustadz Ammi Nur Bait)

Artikel www.KisahMuslim.com

Ada video ceramah singkat bagus untuk Anda yang berjudul: Jangan Durhaka Kepada Anakmu

Flashdisk Video Belajar Iqro - Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28

6 Comments

  1. Tuhkunen

    Bagaimana istri yg didzalimi suaminya ? Ada teman prp sy karier ingin berhenti kerja demi memakai jilbab nmn suaminya menolak krn dia bangga istrinya berkarier. Istrinya nerasa cukup dengan rezeki suami. Istrinya sering digoda laki2 n takut jatuh dlm zina. dia sampai sakit, nmn suami tetap menghalangi. dia takut cerai krn sdh ada anak. Bgman ini?

  2. Dalam hal ini, istri boleh tidak mentaati suami. Sadarkan suami utk memahami arti penting kehormatan istri. Istri bisa sampaikan bahwa di tempat kerja sering digoda lelaki lain. Jadinya ingin tetap di rumah mendidik anak

  3. cinta cinta

    Assallammuallaikum pak ustad, pak ustad sy ingin bertanya,bagaimana menghadapi kedua orangtua yg siap kapanpun menjerumuskan anak kandungnya sendiri ke neraka hanya demi uang dan urusan perut,mohon pencerahaanya pak ustad,krn sy tdk mau durhaka kpd orangtua,tp sy jg tdk mau durhaka kpd allah,sunggah sudah belasan tahun sy merasa tertekan krn mreka,trm ksh,wassallam

  4. Assalamualaikum Pak ustad..
    Apa yang harus saya lakukan sementara anak lekaki orangtua saya terus menerus menipu orangtua saya dan menghabiskan harta orangtua sementara orang tua malah sangat membela anak lelakinya dan mengabaikan kedua anak perempuan mereka.bahkan anak perempuan mereka sejak dulu hidup tertekan bahkan sampai diusir dari rumah.mohon pencerahan dari pak ustad,terima kasih
    Wassalamualaikum

  5. maya

    bismillah.. semoga bisa membantu pertanyaan diatas.. setau ana, dalam islam kewajiban seorang anak memang harus tunduk dan berbakti pada orang tua atau birrul walidain, tapi itu selama yang diperintahkan oleh orang tua tidak melanggar aturan allah atau tidak menghalangi sang anak untuk taat pada allah, jika orang tua malah bermaksud menjerumuskan anaknya dan menghalangi dari taat pada allah, maka sang anak tidak wajib mengikuti perintah orang tuanya, seperti al Qur’an menginsahkan tentang nabi ibrahim dengan ayahnya yang musyrik, pembuat dan penyembah berhala. nabi ibrahim pun juga tidak mengikuti ayahnya, namun beliau selalu berdo’a pada allah agar diberi keturunan yang baik, hingga lahirlah dari beliau nabi-nabi selanjutnya. namun sebagai anak kita tetap berkewajiban menasehati kedua orang tua jika diketahui memang salah, itupun menasehatinya harus dengan bahasa yang sopan dan baik-baik, kadang menasehatipun tak cukup hanya sekali namun harus terus-menerus.. afwan jika salah, wallahuallam bisowab
    wassalam..

  6. Ummi

    Uztadz ayah saya menzalimi kami anak perempuannya. Setelah ibu kami meninggal, kami di tuntut untuk menggantikan peran ibu kami, memasak, mencuci, merawat dia klo dia sakit. Tetapi kami juga dituntut untuk menggantikan perannya sebagai ayah, urusan dia, tanggung jawab dia sebagai seorang laki2 dan ayah di emban ke kami. Sedangkan dia hanya bisa marah kalo apa yang kami kerjakan tidak sesuai dengannya. 15 tahun sudah ibu meninggalkan kami. Kami ibarat seorang pembantu baginya tapi tak di bayar. Sampai sekarang dia tidak memikirkan jodoh kami, akibat ulahnya kami takut, tidak suka kepada laki2. Dan sekarang umur kami sudah kelewat batas untuk menikah ibarat kata perawan tua, dan kami tidak secantik ketika kami muda, badan kurus karena tertekan perasaan. Begitu mudahnya ayah kami berkata kata2 buruk kepada kami. Seperti “kau sudah tua, siapa laki2 yg mau denganmu” “lihat badanmu sudah kurus, tidak sexy”. Ketika dia marah kepada kami mudahnya dia bilang semoga kau tidak berjodoh, dan itu sering kali dia ucapkan kepada kami. Selama ini kami hanya menerima apa yg dia katakan, kami selalu memaafkan dia kami tidak ingin menjadi anak durhaka, kami juga kasihan kepadanya cuma dia satu2 nya orang tua kami. Kami tidak pernah menuntut hak kami sbg anak. Karna kami tidak pernah diizinkan untuk menuntut hak. Kalo kami lakukan, dia marah. Tp kami manusia ada batasnya, kami tidak mentolerir lagi, kami memberontak kepadanya. Apa yang kami dapat Uztadz, dia seorang ayah menunjukkan watak aslinya, membunuh kami dia ingin. Betapa sedihnya aku melihat ayahku seperti itu. Di umur dia yg tua ini seharusnya dia berlaku baik kepada anaknya, siapa yang akan menjaganya kalau bukan anaknya. Tapi kejadian ini, membuat aku semakin takut dan membenci dia sebagai seorang ayah. Bagiku aki tidak punya ayah. Aku juga tidak ingin menyumpahi dia yang buruk. Aku berharap dia berubah, sadar.

Leave a Reply