Mutiara Faidah

Ramadhan Bersama Para Ulama

ramadhan bersama ulama

Ramadhan Bersama Para Ulama

Ibnu Umar
Ibnu umar memiliki kebiasaan berbuka ketika puasa bersama anak yatim dan orang miskin. Bahkan terkadang beliau tidak berbuka ketika keluarganya telah menyuruh pulang orang miskin sebelum waktunya berbuka.

Beliau termasuk pengusaha kaya, hartanya halal berlimpah. Karena beliau seorang pedagang sukses yang amanah. Beliau juga mendapat gaji dari baitul mal negara. Namun semua itu tidak beliau simpan sendiri, akan tetapi beliau bagikan kepada fakir miskin dan orang yang meminta-minta.

Ayub bin Wail Ar-Rasibi pernah menyaksikan kejadian menakjubkan tentang beliau.

Suatu hari Ibnu Umar mendapat kiriman harta senilai 4000 dirham (sekitar 680 juta) dan satu baju yang ada bulunya.
Keesokan harinya, Ayub bin Wail ini melihat Ibnu Umar di pasar membeli pakan kudanya dengan utang. Ayub-pun keheranan. Kemarin orang ini baru mendapat uang 4000 dirham, ini beli pakan kuda saja pake ngutang.

Karena penasaran, Ayub langsung datang menemui keluarga Ibnu Umar, ingin tahu, apa gerangan yang terjadi.
Cerita keluarganya,

إنه لم يبِتْ بالأمس حتى فَرَّقَهَا جميعًا، ثم أخذ القطيفة وألقاها على ظهره وخرج، ثم عاد وليست معه، فسألناه عنها فقال: إنه وهبها لفقير

Uang itu belum sempat menginap semalam, namun sudah dibagikan semuanya kepada fakir miskin. Lalu beliau mengambil baju yang ada bulunya, beliau pake keluar rumah, dan ketika balik pulang baju itu sudah tidak ada. Ketika kami tanyakan, beliau sudah berikan baju itu kepada fakkir miskin.

Qatadah As-Sadusi
Beliau seorang tabiin, murid Anas bin Malik, beliau dilahirkan tahun 60 hijriyah dan mata beliau buta. Beliau selalu mengkhatamkan Al-Quran sepekan sekali. Ketika bulan ramadhan, beliau mengkhatamkan 3 hari sekali, dan pada saat 10 hari terakhir, beliau mengkhatamkan sehari sekali. Beliau meninggal di daerah Wasith tahun 117 H, di usia 56 tahun.

Ibnu Syihab Az-Zuhri
Nama beliau, Muhammad bin Muslim bin Abdullah Az-Zuhri (58 – 124 H). keturunan Bani Zuhrah bin Kilab, suku Quraisy. Beliau orang pertama yang mengkodifikasi hadis. Termasuk salah satu ulama besar dalam hafalan, seorang tabiin, penduduk Madinah. Beliau menghafal 2200 hadis, separohnya hafal dengan matannya. (Az-Zirikli, Al-A’lam, 7/97)
Abu Zinad (seorang ahli hadis) pernah mengatakan,

كنا نطوف مع الزهري ومعه الألواح والصحف؛ ليكتب كل ما يسمع

“Kami pernah menyertai Az-Zuhri,dan beliau selalu membawa lembaran kertas dan buku. Beliau akan tulis setiap hadis yang beliau dengar.”

Beliau tinggal di Syam, dan Khalifah Umar bin Abdul Aziz pernah berpesan kepada gubernur Syam,

عليكم بابن شهاب؛ فإنكم لا تجدون أحدًا أعلم بالسنة الماضية منه

Kalian harus memperhatikan Ibnu Syihab, karena kalian tidak akan menjumpai seorangpun yang lebih tahu tentang sunah para sahabat melebihi beliau.

Sekalipun beliau sangat perhatian dengan bukunya, ketika bulan ramadhan, beliau tinggalkan kegiatan membaca hadis dan belajar kepada ulama, diganti dengan membaca Al-Quran dengan mushaf.

Imam As-Syafii
Seorang ulama – pemimpin dalam ijtihad dan fikih, dalam waktu yg sama, beliau pemimpin dalam iman, taqwa, wara’, dan masalah ibadah. salah satu murid beliau, Ar-Rabi’ pernah mengatakan,

كان الشافعي قد جزَّأ الليل ثلاثة أجزاء: الثلث الأول يكتب، والثلث الثاني يصلي، والثلث الثالث ينام

“Imam As-Syafii membagi waktu malam beliau menjadi tiga: Sepertiga pertama beliau menulis, sepertiga kedua beliau shalat, dan sepertiga ketiga beliau tidur.”

Di malam hari, beliau tidak membaca Al-Quran kecuali sambil shalat.

Salah satu murid beliau, Al-Muzanni pernah menceritakan,

ما رأيت الشافعي قرأ قرآنًا قط بالليل إلا وهو في الصلاة

‘Saya tidak pernah melihat As-Syafii membaca Al-Quran di malam hari, selain dalam keadaan shalat.’
Beliau selama bulan ramadhan mengkhatamkan Al-Quran 60 kali – siang sekali dan malam sekali – beliau baca di luar shalat.

[Sumber: http://islamstory.com/ar/أئمة_السلف_في_رمضان]

Artikel www.KisahMuslim.com

Flashdisk Video Belajar Iqro - Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28

1 Comment

  1. Nano Sujana

    Ya. Allah
    berilah aku kemudahan mengikuti mereka

Leave a Reply