Kisah Masa Depan

Golongan yang Minta Tangguh di Hari Kiamat

Empat Orang yang Kelak Minta Tangguh Pada Hari kiamat

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan: “Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ada empat golongan, kelak pada hari kiamat  akan berhujah dan minta ditangguhkan perkaranya. Orang tuli yang tidak bisa mendengar apapun, orang pandir, orang pikun, dan yang  terakhir orang yang hidup pada masa-masa kekosongan tidak ada rasul.
Adapun orang yang tuli, maka ia membela dirinya dengan mengatakan: “Ya Rabb, sungguh Islam telah datang, namun diriku tidak mendengar apapun tentangnya”.

Sedangkan orang yang pandir, mengatakan: “Ya Rabb, Islam telah datang, akan tetapi saya tidak mengerti sama sekali, sedangkan anak-anak kecil melempariku dengan kotoran hewan”.

Orang yang pikun membela dan berkata: “Ya Rabb, Islam datang, namun saya tidak mengerti sama sekali”. Adapun orang yang meninggal pada masa-masa fatroh (tidak ada Nabi maupun Rasul), maka ia mengatakan: “Ya Rabb, Engkau tidak pernah mengutus padaku seorang rasul”.

Maka setelah itu mereka semua diambil sumpahnya agar mentaati -Nya dan diutus pada mereka yang menyuruh agar semuanya masuk ke dalam api. Barangsiapa yang memasukinya maka rasa dingin dan keselamatan yang ia peroleh, dan barangsiapa yang enggan memasukinya maka ia ditarik darinya”.

Hadits ini Shahih, dikeluarkan oleh Imam Ahmad, al-Bazzar, Ibnu Abi ‘Ashim di dalam kitabnya ‘as-Sunnah’, dan al-Baihaqi di dalam ‘al-I’tiqad’, semuanya dari Abu Hurairah dan dari al-Aswad bin Sura’i.
Al-Baihaqi mengatakan: “Sanadnya Shahih”.

Oleh: Syaikh Abu Ishaq al-Huwaini al-Atsari [Diterjemahkan Abu Umamah Arif Hidayatullah melalui IslamHouse.com]

Artikel www.KisahMuslim.com

Previous post

Abu Bakar dan Umar Berlomba Dalam Kebaikan

Next post

Taubatnya Fudhail bin Iyadh

8 Comments

  1. December 10, 2013 at 10:22 am —

    pahahm dengan alasan kenapa mereka ditawarkan untuk masuk ke API :)

  2. Dhia Aziz
    February 1, 2014 at 5:32 pm —

    itu maksudnya api yang dibawa dajjal ya?

    • proudtobemuslim
      September 6, 2015 at 10:41 pm —

      Bukan hadist ini menceritakan keadaan akhir dari dunia (keadaan di akhirat), sementara dajjal itu terjadinya di dunia. hadist ini mengenai kehidupan setelah kematian dan setelah terjadinya kiamat sedangkan dajal terjadinya sebelum kiamat.

  3. liya
    December 14, 2014 at 5:40 pm —

    Yang dimaksud dengan enggan memasuki api,bagaimana penguraian secara detailnya?

    terimakasih unt jwbannya
    liya

  4. liya
    December 14, 2014 at 5:40 pm —

    Yang dimaksud dengan enggan memasuki api,bagaimana penguraian secara detailnya?

    terimakasih unt jwbannya
    liya

    • proudtobemuslim
      September 6, 2015 at 10:33 pm —

      enggan masuk kedalam api artinya dia percaya pada Allah tapi enggan menuruti perintahnya. tempatnya kembali ke neraka. dan itu berlaku sama seperti orang yang hidup didunia ini sekarang.! percaya pada Allah tapi tidak menjalankan perintahnya maka tempat kembalinya adalah neraka.

  5. adi
    March 31, 2015 at 6:47 pm —

    Masuk ke dalam api apakah ujian kepada sumpah yg mereka berikan kepada Allah Azza Wa Jalla?

    • proudtobemuslim
      September 6, 2015 at 10:35 pm —

      Allah telah berfirman: “Apakah manusia mengira bahawa mereka akan dibiarkan mengatakan: Kami telah beriman, sedang mereka belum diuji?” (QS Al-Ankabut:2-3).

Leave a reply