Sejarah

Sejarah Kota Cordoba (Bagian 1/4)

Kemajuan Kota Cordoba di abad 10 M melebihi kota-kota lain yang ada di Eropa. Kota ini menjadi tempat perhatian dunia dan sesuatu yang mengagumkan, sama halnya dengan Kota Venesia di Balkan. Para turis yang datang dari Utara merasakan kekhusyukan dan kewibawaan kota yang memiliki tujuh puluh perpustakaan dan sembilan ratus pemandian umum ini.

Ketika para pemimpin Kota Lyon, Nevar, dan Barcelona membutuhkan ahli bedah, insinyur, arsitek bangunan, penjahit pakaian atau ahli musik, maka mereka langsung menuju ke Kota Cordoba. Inilah kesaksian orang Barat, J. Brand Trend, terhadap Kota Cordoba pada abad keempat Hijriyah (sepuluh Masehi).

Sebagai perpanjangan dari peradaban Islam, baik dari segi ilmu, nilai, dan keagungan, muncullah sang bintang, Kota Cordoba, yang menjadi saksi bisu atas pencapaian peradaban kaum muslimin dan kemuliaan Islam pada saat itu, yaitu pada pertengahan abad keempat Hijriyah atau sepuluh Masehi ketika bangsa Eropa dalam kegelapan.

Cordoba adalah suatu nama yang senantiasa memiliki alunan nada yang khusus di telinga setiap orang Eropa yang mempercayai kebangkitan dan peradaban kemanusiaan. Al-Muqri mengatakan bahwa sebagian ulama Andalusia mengatakan,

Cordoba menjadi terdepan karena empat alasan
Pertama, jembatan al-Wadi, kedua Masjid Jami’
Ketika, az-Zahra dan yang keempat ilmu pengetahuan
Yang akhir paling besar secara keseluruhan (Nafh ath-Thayyib Min Ghusn al-Andalus ar-Rathib, 1/53).

Jembatan Cordoba di Sungai al-Wadi al-Kabir

Jembatan Cordoba di Sungai al-Wadi al-Kabir

Madinah az-Zahra, Cordoba

Madinah az-Zahra, Cordoba

Kita akan mengupas beberapa topik tentang kota yang indah ini, di antaranya:

  1. Cuplikan sejarah dan geografi Cordoba.
  2. Beberapa fenomena peradaban di Cordoba.
  3. Dordoba kota metropolitan.
  4. Cordoba dalam pandangan ulama dan sastrawan.

1. Cuplikan Sejarah dan Geografi Cordoba

Kota Cordoba terletak di sungai al-Wadi al-Kabir di bagian Selatan Spanyol. Kota ini didirikan oleh bangsa Cordoba yang tunduk kepada pemerintahan Romawi dan Visigoth (Bangsa Goth) (Maus’ah al-Maurid al-Hadits). Kota ini ditaklukkan oleh panglima Islam yang terkenal, Thariq bin Ziyad, pada tahun 93 H / 711 M. Sejak saat itu kota Cordoba memulai tatanan hidup baru dan mengukir sejarah yang sangat penting dalam sejarah peradaban umat manusia. Kecemerlangan Cordoba sebagai kota peradaban mencapai puncaknya pada tahun 138 H / 759 M, ketika Abdurrahman ad-Dakhil mendirikan daulah Umayyah II di Andalusia setelah sebelumnya runtuh di Damaskus oleh orang-orang Abbasiyah.

Kota Cordoba tampak dari atas

Kota Cordoba tampak dari atas

Pada masa Abdurrahman an-Nashir, khalifah pertama Umayyah di Andalusia, kemudian putranya al-Hakam al-Mustanshir, Kota Cordoba mencapai puncak kemajuan dan masa keemasannya. Apalagi kota ini dijadikan sebagai ibu kota Daulah Umayyah II dan tempat istana kekhalifahan di dunia Barat.

Pada masa ini, Cordoba juga dijadikan sebagai pusat ilmu pengetahuan dan peradaban dunia sehingga menyaingi Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium di benua Eropa, Kota Baghdad ibu kota Daulah Abbasiyah di Timur, Kota Kairawan dan Kairo di Afrika, sehingga orang-orang Eropa menyebut Cordoba dengan “Mutiara Dunia”.

Perhatian Dinasti Umayyah terhadap Kota Cordoba mencakup beberapa sisi kehidupan, seperti: pertanian, perindustrian, pembangunan benteng-benteng, pembuatan senjata, dan lain sebagainya. Mereka juga membuat aliran-aliran air dan mengimpor berbagai macam pohon dan tanaman buah untuk di tanam di kota ini.

Sumber: Madza Qaddamal Muslimuna lil ‘Alam Ishamatu al-Muslimin fi al-Hadharah al-Insaniyah oleh Raghib as-Sirjani
Artikel KisahMuslim.com

Flashdisk Video Belajar Iqro - Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28

14 Comments

  1. Zulkifli bin Muhammad

    Assalaamu’alaykum

    Jazakumullahukhairan wa barakallahufikum,

    Bagus sekali kisah semacam ini, ana mau sumbang saran, kalau bisa dirutinkan ditulis kisah sejarah Islam dari awal hingga akhir tahap demi tahap, sehingga kaum muslimin bisa mengambil pelajarannya….

  2. Iqbal Anggia Yusuf

    Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

    Terima kasih, artikel ini sangat bermanfaat.
    Saya mencari-cari buku sejarah Cordoba belum saya temukan, dan baru saya temukan sejarahnya di website ini. Kalau boleh saran sejarahnya ditulis dengan lebih luas lagi supaya pembaca bisa lebih merasakan indahnya sejarah/peradaban Islam.

  3. Andri

    Assalamualaykum,,,

    Subhanallah kisah yang menginspirasi,,, terus di kembangkan guna menjadi situs referensi sejarah islam valid,,

    • jejen

      Assalamualaikum Wr. Wb.

      Subhanallah, begitu besar kuasanya :) saya sbg remaja muslimah ingin sekali bisa tau luas tentang peradaban2 islam salah satunya kota cordoba, ternyata begitu indah… Ditunggu buku/novel ttg peradaban islam n tolong dijabarkan lebih luas lg informasinya agar saya dapat tau lebih luas :)

  4. nina ch

    Assalamua’laikum wr wb…bagus sekali artikelnya…ditunggu bagian selanjutnya…jazakumullohukhoiron katsiron…

  5. sarwandi

    Subhanallah, sungguh indah ciptaan Mu….

  6. MuLiyati

    Assalamualikum wr wb,,,
    Alhamdulillah artikelnya buat ilmu tentang sejarah Islam bertambah…

  7. Suteja

    Subhanallah :)

  8. Lisa yiha radhiyah

    Assalamu’alaikuum. . Subhanallah indah terdengar nyaman di hati bahwa islam meyebar begitu tajam keseluruh penjuru bumi . Saya pernah dengar bahwa ada kaitannya antara sejarah islam di paris dg qordoba. Apa itu benar dan bagaimana ? :)
    wassalam.

  9. jaka

    Assalamualaikum wr.wb
    Subhanallah, sebuah kehormatan bisa membaca arikel ini, terima kasih infonya dan ditunggu artikel tentang islam lainnya!
    Wassalamualaikum wr.wb

Leave a Reply