Sejarah

8 Ramadhan: Kelahiran Ja’far ash-Shadiq

Pada tanggal 8 Ramadhan 83 H, lahirlah seorang tokoh besar ahlul bait, Ja’far bin Muhammad bin Ali (Zainal Abidin) bin Husein bin Ali bin Abu Thalib rahimahullah. Beliau lahir di Kota Madinah an-Nabawiyah. Di kota nabi ini pula beliau tumbuh besar di tengah lingkungan ilmu dan agama. Ia banyak mempelajari ilmu agama dari ayahnya. Juga dari kakek pihak ibunya, al-Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar ash-Shiddiq, yang terkenal sebagai salah satu ahli fikih Madinah.

Ja’far ash-Shadiq adalah seorang ulama mujtahid. Di antara kaidah ushul yang ia rumuskan adalah:

أن الأصل في الأشياء الإباحة حتى يرد فيها نهي

“Hukum asal dari sesuatu itu adalah boleh sampai ada yang melarangnya.”

Ia termasuk ulama yang berpendapat tidak ada qiyas. Karena qiyas merupakan logika. Semuanya harus dikembalikan pada apa yang termaktub dalam Alquran dan sunnah. Beliau adalah ulama Ahlussunnah wal Jamaah. Meskipun onrag-orang Syiah mengklaim bahwa beliau adalah imam mereka.

Banyak ulama besar berguru kepada Ja’far ash-Shadiq. Yang terkenal di antara mereka adalah Imam Abu Hanifah, Imam malik bin Anas, dan anaknya sendiri, Musa bin Ja’far. Atas dasar inilah, orang-orang Syiah promo di masyarakat Sunni bahwa imam mereka adalah guru dari ulama-ulama madzhab Ahlussunnah. Kemudian, mereka mulai mengajak masyarakat awam untuk menjadi Syiah. Dengan dalih persatuan Sunni Syiah. Waspadalah!

Ulama-ulama hadits juga banyak meriwayatkan darinya. Di antaranya Yahya bin Said al-Anshari, Ibnu Ihaq, Sufyan ats-Tsauri, Syu’bah bin al-Hajjaj, Yahya al-Qahthan, dan lain-lain.

Ja’far ash-Shadiq rahimahullah terus tinggal di Madinah hingga wafatnya pada tahun 148 H. Beliau dimakamkan di Baqi’. Tempat pemakaman yang sama dengan ayah dan kakeknya.

Lebih luas mengenal sosok beliau, bisa disimak di: https://kisahmuslim.com/4016-jafar-ash-shadiq-imam-ahlussunnah.html

Oleh Nurfitri Hadi (@nfhadi07)
Artikel www.KisahMuslim.com

Flashdisk Video Belajar Iqro - Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28