Kisah Masa Depan

Orang-orang Yang Pertama Masuk Neraka

Kisah Muslim – Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya orang yang pertama kali diadili pada Hari Kiamat ialah seorang laki-laki yang mati syahid. Ia dihadapkan, lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala mengingatkannya pada berbagai nikmat yang telah Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepadanya, dan ia pun mengakuinya. Lantas Allah Subhanahu wa Ta’ala bertanya, ‘Apa yang telah engkau perbuat dengan berbagai nikmat itu?’ Ia menjawab, ‘Saya telah berperang karena-Mu sehingga saya mati syahid.’ Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, ‘Kamu bohongg. Kamu berperang agar namamu disebut-sebut sebagai orang yang pemberani. Dan ternyata kamu telah disebut-sebut demikian.’ Kemudian orang tersebut diperintahkan agar diseret pada wajahnya hingga dilemparkan ke dalam neraka.”

“Selanjutnya adalah orang yang mempelajari ilmu, mengajarkannya, dan membaca Alquran. Ia dihadapkan, lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala mengingatkannya pada berbagai nikmat yang telah Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan kepadanya, dan ia pun mengakuinya. Lantas Allah Subhanahu wa Ta’ala bertanya, ‘Apa yang telah engkau perbuat berbagai nikmat itu?’ Ia menjawab, ‘Saya telah mempelajari ilmu, mengajarkannya, dan membaca Alquran karena-Mu.’ Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, ‘Kamu bohongg. Akan tetapi kamu belajar agar kamu disebut-sebut sebagai orang alim dan kamu membaca Alquran agar kamu disebut-sebut sebagai seorang qari’, dan kenyataannya kamu telah disebut-sebut demikian.’ Kemudian orang tersebut diperintahkan agar diseret pada wajahnya hingga dilemparkan ke dalam neraka.”

“Kemudian seorang yang diberi keleluasan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan dikaruniai beragam harta benda, lantas ia dihadapkan, lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala mengingatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatan Allah Subhanahu wa Ta’ala pada dirinya. Ia pun mengakuinya. Lantas Allah Subhanahu wa Ta’ala bertanya, ‘Apa yang telah engkau perbuat dengan berbagai nikmat itu?’ Ia menjawab, ‘Saya tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan yang Engkau buka melainkan pasti saya berinfak padanya karena-Mu.’ Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, ‘Kamu bohong. Akan tetapi kamu melakukan hal tersebut agar kamu disebut-sebut sebagai orang yang dermawan. Dan kenyataan kamu telah disebut-sebut demikian.’ Kemudian orang tersebut diperintahkan agar diseret pada wajahnya hingga dilemparkan ke dalam neraka.”

Di dalam suatu riwayat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu membaca firman Allah Subhanahu wa Ta’ala berikut:

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan .” (QS. Huud: 15-16)

Sumber: Hiburan Orang-orang Shalih, 101 Kisah Segar, Nyata dan Penuh Hikmah, Pustaka Arafah Cetakan 1

Artikel www.KisahMuslim.com

Previous post

Orang yang Tidak Takut dengan Kematian

Next post

Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam dan Bapaknya di Hari Kiamat

11 Comments

  1. kholid
    April 1, 2013 at 5:26 pm — Reply

    wow bkn krna allah smua sia sia

  2. galuh
    May 24, 2013 at 8:40 am — Reply

    intinya, sebagai manusia, kita ga boleh SOMBONG…

    berbuat baik sangatlah dianjurkan supaya kita masuk syurga yang tinggi..namun, rasa sombong itulah yang harus kita berantas…

    makanya, jangan lupa istighfar jika sudah melakukan kebaikan..untuk menghindari rasa ujub dihati kita..dan amalan kitapun bisa berbuah pahala.
    wallahu’alam.

    sekedar saling mengingatkan…trmasuk diri sendiri :)

  3. Norzalina Zainuddin
    October 18, 2013 at 7:56 pm — Reply

    Subhanallah.. takutlah pada neraka Allah
    Ya Allah..jadikanlah hambaMU INI ..dikalangan org2 yang bertaubat. Amin.

    • Amelia okta
      May 6, 2015 at 10:46 am — Reply

      Semua benar banget kita tidak blh sombong

  4. Abu Sutan
    December 29, 2013 at 9:46 am — Reply

    Sesungguhnya Allah Aziza wazala maha tahu dan maha pengampun

  5. SalLwa elL_sabielL
    July 17, 2014 at 12:53 pm — Reply

    Haduuuh,,jd ngeri nih.

  6. Hamba Allah
    July 23, 2014 at 2:39 pm — Reply

    Semoga diri ini jauh dari sifat riya’

  7. rizaldy
    December 18, 2014 at 10:04 am — Reply

    boleh saya share artikelnya?

    • December 21, 2014 at 9:20 pm — Reply

      Silahkan dengan mencantumkan sumber kisahmuslim.com

  8. bang bing
    December 20, 2014 at 2:35 pm — Reply

    Awali segala perbuatan baik dengan BASMALLAH… insya Alloh dunya wal aakhiroh akan dapat !!!

  9. February 10, 2015 at 11:17 am — Reply

    benar benar menyerampan

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>