Sejarah

Pendeta A.J Wensinck Belajar Islam untuk Menghancurkan Islam

al-Mu'jam al-Mufahrass li Alfazh al-Ahadits Al-Nabawi

SEMANGAT TINGGI PENDETA A.J WENSINCK DALAM MEMPELAJARI ISLAM

Islam adalah agama yang paling sempurna, sehingga membuat seluruh agama-agama lain merasa iri ,dengki dan menaruh dendam kesumat terhadap setiap pengikut setianya. Hal ini menyebabkan beragam pihak mulai menguliti ajaran islam guna menjatuhkan wibawanya serta mencari-cari keraguan guna menahan laju manusia yang hendak mendapatkan hidayah.

Namun sebagaimana para penjahat agama itu berusaha mati-matian menjatuhkan wibawa agama ini, namun dengan izin Allah usaha mereka itu justru membawa berkah bagi agama islam itu sendiri. Misalnya mereka membuat buku kamus terjemahan Arab-Perancis sehingga memudahkan para Ulama menerjemahkan Al-Quran ke bahasa mereka. Ada juga yang malah mengumpulkan lafal-lafal hadits sehingga menjadi rujukan para ahli hadits di zaman sekarang padahal tujuan asal mereka adalah untuk mencampur adukkan hadits Rasulullah. Hal ini sebagaimana kata Imam Syafi’i:

”Biarlah mereka mencela-celaku…
sebagaimana gaharu yang semakin di bakar…
justru aroma wanginya menyebar kemana-mana…”

Usaha-usaha yang awalnya dengan niat jahat justru menjadi bumerang atas mereka beribu-ribu kali lipat.

ARENT JOHANNES WENSINCK 1882-1939 M

Seorang Orientalis juga pendeta Belanda yang bekerja sebagai profesor bahasa Arab di Universitas Leiden di Belanda sejak tahun 1972 M. Hingga kematiannya, Ia banyak sekali mengunjungi negeri-negeri islam seperti Mesir, SYiria dan semenanjung Arabia lainnya. Ia banyak menekuni bidang hadits Nabawi, dan mengarang kitab berbahasa Inggris tentang kamus lafal hadits Nabawi yang dia keluarkan dari 14 kitab Sunan dan Sirah, yang kemudian di terjemahkan ke bahasa arab kembali oleh Muhammad Fuad Abdul Baqi dan dinamakan (مفتاح كنوز السنة) Miftah kunuz As-Sunnah.

Ia sempat menjadi ketua bidang pengetahuan islam tahun 1925 M. yang mana ia terjemahkan karangan dengan tiga bahasa sekaligus sehingga jadilah 4 jilid besar. Ia juga banyak mengarang berbagai tulisan dengan materi yang berbeda-beda. Diantaranya buku berbahasa inggris tentang Islam dan pemeluknya. (Dari kitab الأعلام للزركلي tentang wensinck).

Sebagai seorang Kristen yang anti Islam , ia banyak mencurahkan waktunya untuk mengkaji Islam terutama Hadits guna menjatuhkan dan menghina islam itu sendiri. Itulah sebabnya dia sempat dijatuhkan pekerjaannya di Mesir akibat tulisannya yang secara terbuka menyinggung Umat islam. Sudah tak terbilang lagi berapa banyak pemikirannya yang mengilhami para sekularis dan liberalis negeri ini. Bahkan hal ini sudah masuk secara besar-besaran di berbagai mata kuliah di kampus-kampus berlabel Islam yang sejatinya mencerminkan pola dan akidah barat yang hanya mendewakan akal dan tidak beriman kepada perkara gaib.

Dibalik maksud jahatnya, dia juga mengarang sebuah karya besar yang kemudian justru dipakai kaum muslimin dalam memudahkan pencarian lafal hadits yaitu bukunya :” A Handbook muhammadan Tradition: Alphabetically Arranged” yang setelah di terjemahkan ke bahasa arab menjadi ”Miftah Kunuz As-sunnah ” dan ” al-Mu’jam al-Mufahrass li Alfazh al-Ahadits Al-Nabawi’‘.

Lihatlah bagaimana semangatnya ia menjatuhkan islam. Karangan tebal dan besarnya menjadi bukti betapa bencinya ia terhadap Islam dan betapa semangatnya ia dalam usaha menjatuhkan islam. Namun apa dikata, justru usahanya itu menjadi bala bantuan bagi kaum muslimin. Sehingga benarlah sabda Rasulullah Shalaallhu’alaihiwasallam :

إن الله يؤيد الدين بالرجل الفاجر

”Sesungguhnya terkadang Allah menolong agamanya sebab perbuatan orang yang jahat”. (HR, Bukhari, kitab maghazy : 4204).

Syaikh bin Baz mensyarah hadits ini, dan beliau berkata : ”Hal ini memang sering kali terjadi, misalnya Rasulullah Shalaallahu’alaihiwasallam bersabda tentang satu hal, lantas seorang fasiq berbicara tentangnya, lantas Allah justru menjadikannya bermanfaat bagi kaum muslimin.”.(fatwa Nurun Ala Darb).

Sebagai seorang muslim tentu kita merasa malu apa yang telah kita sumbangkan untuk islam. Bahkan banyak sekarang orang islam yang tak lagi mengenal huruf hijaiyah apalagi bahasa dan sastra arab. Dan orang-orang yang ahli sangat sedikit dan tak didukung umat.

Sehingga menjadi PR besar bagi kita, bagaimana menjadi seorang Muslim yang benar-benar produktif menelurkan berbagai karya-karya besar yang bermanfaat. Terlebih di zaman ini, yang segala faslitas sangat mudah diperoleh, hanya kemauan keras (Willpower: علو الهمة ) dan aksi nyata (Real Action : الجهد الحقيقي) yang akan merubah anda atau anda akan hilang ditelan zaman.

Semoga tulisan ini dapat menjadi pemicu dan pemacu kita dalam belajar serta mengajarkan agama yang hanif ini.

Refrensi :

1. موسوعة المستشرقين للدكتور عبد الرحمن البدوي
2. الأعلام للزركلي
3. فتاوى ابن باز من نور على الدرب

Di bawah ini saya sertakan foto wensinck dan tulisannya berbahasa arab supaya Umat sadar dan semakin semangat belajar bahasa arab. Orang kafir bisa kenapa Muslim tidak?

WENSINCK1

 

WENSINCK

Ditulis dan di terjemahkan ke bahasa indonesia oleh ustadz Fauzi Rifaldi (Mahasiswa Jurusan Akidah dan dakwah, Islamic Univ. Of Madina KSA.)

Flashdisk Video Belajar Iqro - Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28

2 Comments

  1. Iren a

    Orang kafir kok bs jadi nolong umat islam,ya ???
    Bener2 aneh…Tapi terima kasih,karena atas karya2mu,agama islam semakin mudah berkembang dg pesat…:-D
    Sebagai umat islam,sy berterima kasih kepada-Mu Ya Allah mewakili seluruh umat islam…..:-) :-D

  2. raffi

    Allah tak akan biarkan agamanya hancur. Karna allah maha besar. Allah tak akan biarkan umatnya sengsara .karna allah maha pengasih lagi maha penyanyang

Leave a Reply