Kisah Birrul Walidain

Seorang Anak Menjual Rumahnya Demi Bayarkan Utang Ayah

Hampir semua cerita tentang orang Arab, khususnya Arab Saudi, yang sampai kepada kita adalah tentang hal-hal negatif. Kata “Puncak”, “malas”, “kasar”, “perang” adalah sesuatu yang dijejalkan di benak kita. Sehingga ketika mendengar kata “Arab” rekam memori kita langsung menalar hal-hal buruk. Sampai kita pun rasa-rasanya tak rela Islam itu dari Arab.

Berikut ini, ada kisah dari Arab yang berbeda dari yang biasa kita dengar. Tentang bagaimana berbaktinya seorang anak kepada orang tua. Dan tentang seorang pemberi utang yang dermawan.

Seorang laki-laki asal Arab Saudi memberikan teladan jempolan, bagaimana menjadi seorang anak yang berbakti. Ia membayar utang ayahnya yang berjumlah 1 juta Real Arab Saudi (lebih dari 3,5 milyar Rupiah). Untuk melunasi utang ini, sang anak harus menjual rumah yang ia miliki terlebih dahulu.

Sampai akhirnya, orang yang memberi utang tahu bagaimana utang itu dilunasi. Ia merasa sangat tersentuh dengan usaha sang anak untuk membantu ayahnya. Akhirnya, ia mengembalikan semua uang yang dibayarkan untuk melunasi utang tersebut.

Di zaman sekarang ini, tentu kisah seperti ini terasa begitu menakjubkan. Dengan cepat kisah ini pun menjadi viral di sosial media.

Seorang pengacara di Arab Suadi, Abdurrahman al-Subaihi menyatakan bahwa kisah ini terjadi di pengadilan Arab Saudi. Artinya, seorang yang mengutangi ini begitu cepat memutuskan untuk memutihkan utang koleganya. Kemudian al-Subaihi mengisahkan via twitter apa yang ia saksikan. Ia juga mengisahkan bahwa laki-laki yang mengutangi ini begitu tersentuh dengan keputusan sang anak untuk menjual rumahnya sendiri untuk melunasi utang ayahnya. Ia memberikan uang 1 juta Real Arab Saudi sebagai hadiah untuk sang anak karena menjadi anak yang baik. Para pengguna sosial media pun mengapresiasi perbuatan sang anak. Mereka juga berharap anak-anak mereka tumbuh besar dengan meneladani dirinya.

Seorang ibu di Saudi yang bernama Rana menyatakan bahwa di zaman sekarang apa yang dilakukan anak ini sudah sangat jarang disaksikan. Prilaku pemberi utang dan si anak memberikan teladan yang baik untuk semua masyarakat. Kedua orang ini memberikan kita kepercayaan bahwasanya masih banyak orang baik dan penolong di luar sana.

Seorang laki-laki Saudi memberikan pujian bahwa sang anak telah melakukan sesuatu yang istimewa. Dan apa yang dilakukan oleh si pemberi utang lebih hebat lagi, atau sama hebatnya. Ini menjadi teladan bagi kita semua. Uang sejumlah 1 juta Real bukanlah jumlah yang sedikit. Atau bukanlah jumlah yang mudah untuk diberikan begitu saja. Peristiwa ini membuktikan bahwa masih ada orang-orang baik di dunia ini.

Sumber: http://life-in-saudiarabia.blogspot.co.id/2016/06/saudi-sold-home-to-pay-off-fathers-debt.html

Previous post

Pelajaran dari Wafatnya Abu Thalib (3/3)

Next post

Jejak Umat Islam di Kota Madrid