Mutiara Faidah

Dosa Berguguran Karena Berbuat Baik Kepada Hewan

Dosa Berguguran Karena Berbuat Baik Kepada Hewan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Suatu ketika seorang laki-laki sedang berlalu di suatu jalan. Saat itu dia merasa sangat kehausan, lalu dia menemukan sebuah sumur. Kemudian dia turun ke dalamnya dan meminum airnya, lantas dia keluar. Tiba-tiba muncullah anjing yang menjulurkan lidahnya sedang menjilat-jilat debu karena kehausan. Lelaki tersebut berujar, “Sungguh, anjing ini merasakan haus sebagaimana haus yang telah saya rasakan.” Lalu dia kembali turun ke dalam sumur, dia memenuhi sepatunya dengan air, kemudian dia tahan dengan mulutnya sehingga dia naik, lalu dia memberi minum anjing tersebut, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala menerima amalnya dan mengampuni dosanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di dalam sebuah riwayat di dalam kitab ashShahihain disebutkan, “Suatu ketika seekor aning mondar-mandir di sekeliling sumur. Ia hampir mati kehausan. Tiba-tiba ada seorang pelacur dari kalangan Bani Israil yang melihatnya, lalu dia melepas sepatunya, kemudian dia mengembilkan air untuk anjing tersebut dengan sepatunya, lalu anjing pun meminumnya. Maka, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengampuninya karena perbuatannya ini.”

Sumber: Hiburan Orang-orang Shalih, 101 Kisah Segar, Nyata dan Penuh Hikmah, Pustaka Arafah Cetakan 1

 Artikel www.KisahMuslim.com

Previous post

Profil Seorang Gubernurnya Khalifah Umar bin Khathtab

Next post

Benarkah Columbus Yang Pertama Melintasi Atlantik Menuju Amerika?

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>