Aus bin Amr al-Mazinni

Aus bin Amr al-Mazinni al-Anshari seorang sahabat Rasulullah yang tidak memiliki riwayat hadits. Namun status menjadi sahabat Nabi sudah menjadi keutamaan yang tak tertandingi. Keutamaan lainnya, ia juga termasuk syuhada Yamamah.

Dalam kitab al-Ishobah, Ibnu Hajar al-Asqolani rahimahullah menyebutkan tentang Aus bin Amr, “Ia adalah seorang yang statusnya sebagai sahabat diriwayatkan melalui jalur darinya sendiri dan juga dari selain dirinya. Baik melalui jalur periwayatn yang shahih, hasan, atau dhaif. Artinya, jalur penyebutannya sebagai seorang sahabat disebutkan melalui banyak jalur.” (al-Ishobah fi Tamyiz ash-Shahabah, 1/12).

Ibnu Hajar juga mengatakan, “Aus bin Aml al-Anshari al-Mazinni disebutkan oleh Watsimah termasuk yang gugur di Perang Yamamah (al-Ishobah fi Tamyiz ash-Shahabah, 1/310).

Nasabnya

Nasabnya adalah Aus bin Amr bin Ghaziyah al-Mazinni al-Khazraji al-Anhsari. Sahabat Amr bin Ghaziyah radhiallahu ‘anhu memiliki beberapa putra. Yaitu: al-Harits, Abdurrahman, al-Hajjaj, Zaid, Said, dan Aus. Yang tertua di antara mereka adalah al-Harits (Ibnu Abdil Bar: al-Isti’ab fi Ma’rifatil Ash-hab, 3/1197).

Ibnu Saad mengatakan, “Putra Amr bin Ghzaiyah adalah al-Harits. Ia merupakan sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian Abdurrahman. Dan ibu dari keduanya adalah Ummul Harits Sulaimah binti al-Harits bin Tsa’labah bin Ka’ab bin Abdul Asyhal bin Haritsah bin Dinar bin an-Najjar.

Sementara al-Hajjaj, Aus, dan Lubabah ibu mereka adalah Ummul Hajjaj binti Qais bin Rafi’ bin Adzinah dari Bani Aslam.

Anak Amr yang lain adalah Ummu Musa dan saudari-saudarinya, ibu mereka Hunaidah binti Qais bin Saad bin Malik bin Auf bin Amr bin Ka’ab bin Khuza’ah.

Anak-anaknya yang lain adalah Zaid. Dari istrinya yang berasal dari Juhainah. Lalu Said. Tidak ada catatan untuknya (Ibnu Saad: ath-Thabaqat al-Kubra, 4/338).

Diterjemahkan dari: https://islamstory.com/ar/artical/3408306/اوس-بن-عمرو

Oleh Nurfitri Hadi (IG: nurfitri_hadi)
Artikel www.KisahMuslim.com