Sejarah Kerajaan Saba’

bendungan negeri saba' 16

You may also like...

16 Responses

  1. Putri Pratiwi says:

    Saya pernah dengar kalau negeri saba itu di indonesia bukan di yaman. Masih bingung? terima kasih infonya.

  2. ALI says:

    Putri: ga mungkinlah di indonesia kan tdk ada gurun pasir sedangkan diatas dikatakan sebagiannya tdk makmur karena padang pasir. kalau kiasannya di konotasikan dgn indonesia yg katanya subur tp tdk sejahtera rakyatnya mgkn ya, karena begitu byk kesyirikan dan kemaksiatan yg dilakukan penduduknya sehingga Allah mencabut keberkahannya, Allahuaklam

  3. Nafi Sukamto says:

    @Putri Pratiwi: Kerajaan Saba’ di Indonesia itu HOAX… sya punya videonya… sang ustadz benar2 berkata tanpa ilmu sama skali… utak-atik-mathuk (jawa).. bisa dibuktikan scr ilmiah bahwa yg di artikel ini lebih dekat kpd kebenaran… lanjutkan ustadz.. !!!

  4. beni says:

    gw jg bingung nih katanya di indonesia … tapi gw yakin sih ini artikel yang benar kl yg bilang di indo itu propaganda busuk aja

  5. supriyanto yanto says:

    Bisa jadi apa yang terjadi di Saba’ akan terjadi di negeri kita atau di tempat manapun, apabila penduduknya kufur… Lantas kita berfikir kenapa amerika tidak atau negeri lain tidak jawabnya mungkin sebagian tempet dari negeri mereka sudah terjadi cuma media menutupinya, atau kita tunggu saja…. Sebab kisah ini di cantumkan di Al Quran pasti ada hikmahnya.barakallahu fik atas tausyiahnya.

  6. Gunawan says:

    Subhanalloh, saya sendiri baru membaca kisah asal muasalnya kerajaan saba, selama ini cerita hanya berkutat di ratu bilqis dan nabi sulaeman a.s.

    semoga tulisan ini bermanfaat dan kita sebagai bangsa indonesia bisa mengambil hikmah dari cerita negeri saba

  7. Slave of Allah says:

    Ya lebih tepatnya menurut buku Fahmi Basya (Dosen UIN), judulnya “Borobudur & Peninggalan Nabi Sulaiman” terbitan Zaytuna. Ia mengatakan bahwa negeri saba’ itu di Indonesia didasarkan atas penilitian & pandangannya. Saya sempat tertarik juga. Namun setelah dipertimbangkan dan ada Hadith pula yang menyebutkan bahwa Negeri Saba’ ada di Yaman tentu saya mengikuti Rasulullah.

    Saya berharap seseorang dapat mengoreksi buku Fahmi Basya tersebut didasari Al Qur’an & As-Sunnah dgn pemahaman sahabat Nabi. Menimbang ada beberapa poin yg dikemukakan Fahmi :

    > Fahmi mengatakan negeri Saba’ bukan di Yaman melainkan di Nusantara – zaman kuno lebih tepatnya Pulau Jawa.
    > Ia mengatakan istana Nabi Sulaiman ada Borobudur
    > Dia mengatakan kota Wonosobo berhasal dari bahasa jawa Wana=Hutan , Saba=Tempat perkumpulan, jadi katanya Saba adalah tempat berkumpulnya sesuatu
    dll.

    Mohon atas pengkoreksian bagi ustaz.

  8. bambang says:

    betapa sebuah kisah yang harus kita jadikan pelajaran, tetapi apakah para pemimpin kita menjadikan kisah2 masa lalu (islam) menjadi rujukan untuk melangkah kedepan?karena tentu saja rakyat akan (sengaja atau tidak) mengikuti arah kebijakan pemerintah…semoga kita menjadi kaum yang selamat dunia akherat. amin

  9. Muhammad says:

    Syukron informasinya..

    Memang saya dlu sempat pernah percaya pada pernyataan negeri Saba’ di Indonesia. Tapi ketika percaya tersebut saya juga sempat berpikir dengan logika jug amemastikan kebenarannya. Ada seorang ustadz yang mengatakan bahwa tak ada Nabi yang diturunkan Allah kecuali di Timur Tengah. Lantas saya sendiri berpikir apakah mungkin Nabi Sulaiman diturunkan di Indonesia? Dan semula keyakinan saya luntru dan sekarang semakin memudar berkat artikel ini.

    Semoga bermanfaat buat yang lain :)

  10. tori black says:

    gak bisa bergaduh di sini

  11. indra irawan says:

    semoga artikel ini bermanfaat untuk smua.
    aamin ya rabbal’alamina

  12. Siman says:

    Azab Allah Pada Negeri Saba adalah banjir besar, bukan kekeringan. Tanda negeri saba itu adalah di kanan dan kirinya ada Kebun (hutan) yang sampai sekarang tentunya masih subur (tidak gersang). Dan Nabi kita Muhammad saw. kan cuma mengatakan bahwa : “ia adalah seorang laki-laki yang memiliki sepeluh orang anak dari bangsa Arab (mungkin nggak Pak SOBO punya anak yang bukan Bangsa Arab ?). Enam orang dari anak-anaknya menempati wilayah Yaman dan empat orang menempati wilayah Syam” tapi Pak SOBO sendiri diamnya (negerinya) dimana?

  13. Ummu Faiz says:

    Syukron wa jazakumulloh khoir ..artikel di situs sangat bermanfaat…ijin copas buat tugas anak saya..sumbernya sy sertakan..

  14. rava says:

    d ALQURAN kan ada surah nya ngapain percaya ama bukunya lek FAHMI basya
    moso NABI SULAIMAN .AS. d turunkan d tanah jawa ndak ono hadist nya mas

  15. Fadil says:

    @ Siman: anda mengatakan: ”kedua kebun itu yang sampai sekarang tentunya masih subur (tidak gersang)”. Dari mana antum membuat kesimpulan ini?

    Bukankah Allah berfirman di ayat selanjutnya:

    “…dan Kami GANTI kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr[1237]. (Q.S: Saba’: 16)

    “…Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah?…”
    (al-Baqarah: 140

  16. irfana says:

    yen ra percoyo yo kanggo tambahan referensi wae rasah ngelek2. bali na qur’an hadist wae sing kanggo pedoman, tapi ilmu pengetahuan kanggo wawasan, silahkan mendapat sumber yang baru bisa jadi peristiwa di Arab benar di Nusantara jg benar, ambil ilmune wae cah.. Gusti Alloh Moho Ngerti kabeh ono pertanggungjawaban e kok..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>