Download, Kisah Nyata, Kisah Sahabat Nabi

Sang Pemimpin Para Syuhada Ja’far bin Abi Thalib (Bagian 1)

Materi: Heroik Sang Pemimpin Para Syuhada, Ja’far bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu (Bagian 1)
Pemateri: Ustadz Abu ‘Auf , Lc.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang Ja’far bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu, “Aku melihat Ja’far sebagai Malaikat di surga dan bahunya bercucuran darah dan ia terbang di surga.

***

“…Ketika pada awal-awal tahun ke delapan hijriah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkehendak ingin mengirim pasukan untuk memerangi Romawi, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menunjuk Zaid bin Haritsah sebagai komandan. Beliau bersabda, “Kalau Zaid terbunuh, maka yang menggantikannya ialah Ja’far bin Abi Thalib. Jika ia terbunuh, maka yang menggantikannya ialah Abdullah bin Rawahah. Dan jika Abdullah terbunuh, maka biarlah kaum muslimin memilih bagi mereka sendiri.”

Kemudian beliau memberikan bendera berwarna putih kepada Zaid bin Hartisah.

Berangkatlah pasukan pasukan ini. Ketika telah sampai di daerah Mu’tah, kaum muslimin mendapatkan orang-orang Romawi telah siap dengan jumlah yang sangat banyak. Yaitu dua ratus ribu tentara. Merupakan jumlah yang sangat besar. Jumlah sebegitu besar tidak pernah ditemui oleh kaum muslimin sebelumnya. Sementara jumlah kaum muslimin hanya tiga ribu orang.

Ketika dua pasukan ini telah berhadapan, peperanganpun mulai berkecamuk, hingga Zaid bin Haritsah gugur sebagai sahid. Begitu melihat Zaid jatuh tersungkur, bergegas Ja’far melompat dan mengambil bendera, dan menyusup ke barisan musuh sambil melantunkan syair:

Wahai… alangkah dekatnya surga
Yang sangat lezat dan dingin minumannya
Romawi yang telah dekat kehancurannya
Wajib bagiku menghancurkannya apabila menemuinya.

Mulailah ia berputar-putar memporak-porandakan barisan musuh sehingga terputus tangan kanannya. Segera ia ambil bendera itu dengan tangan kirinya, kemudian terputus pula tangan kirinya….”

Temukan selengkapnya tentang kisah heroik sang pemberani yang tangguh, pemimpin para syuhada Ja’far bin Abi Thalib radhiallahu ‘anhu pada yang disampaikan oleh Ustadz Abdurrahman At-Tamimi, Lc. berikut ini. Lihat Video Kajian.

Artikel www.KisahMuslim.com

Flashdisk Video Belajar Iqro - Belajar Membaca Al-Quran

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO BELAJAR IQRO, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28

2 Comments

  1. muhammad

    Assalamualaikum, kenapa orang islam bersabar padahal sudah ditindas, apakah rasulullah mengajarkan demikian ? waalaikumsalam.

  2. Areif Oge

    Smga anak muda zaman skrng mau baca dan mau tau tntang sjarh islam

Leave a Reply