Kisah Pilihan

Kisah Dubai dan Kebenaran Sabda Nabi ﷺ

Kehidupan ini adalah nyata. Lebih nyata dari pendapat siapa pun tentang kenyataan. Ia terus bergerak, mengalir, dan berubah. Hari ini, seseorang miskin bertelanjang kaki. Esok hari, tiba-tiba ia menjadi miliyuner yang membangun gedung pencakar langit yang tinggi. Nabi ﷺ pernah bersabda menggambarkan situasi kehidupan akhir zaman,

“Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir, dan penggembala kambing, (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi.”

Sabda beliau ini nyata! Lebih nyata dari pendapat siapapun tentang kenyataan.

Kali ini kita bercerita tentang Dubai, sebuah emirat (propinsi) di negara Uni Emirat Arab yang menjadi bukti dari sekian banyak kebenaran sabda Nabi.

Sabda Nabi ﷺ

Suatu hari, bumi menjadi saksi pertemuan dua makhluk agung dan mulia. Malaikat yang terbaik berjumpa dengan manusia termulia. Malaikat Jibril datang menjumpai Nabi kita Muhammad ﷺ. Jibril datang dengan wujud manusia. Ia datang dengan penampilan indah. Mengenakan baju yang teramat putih ditimpali warna rambut yang hitam kelam. Ia datang berdialog dengan Nabi Muhammad ﷺ untuk memberikan pengajaran kepada para sahabat. Jibril bertanya tentang Islam, iman, dan ihsan. Kemudian ia bertanya tentang tanda kiamat. Di antara jawaban Nabi ﷺ adalah,

وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُونَ فِي الْبُنْيَانِ.

“Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir, dan penggembala kambing, (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi.” (HR. Muslim).

Inilah di antara tanda-tanda hari kiamat. Tanda hari kiamat ada yang sifatnya baik. Ada pula yang buruk. Ada pula hanya sekedar kabar atau tanda yang aslinya tidak bersifat baik ataupun buruk. Hanya sekadar tanda dan kabar agar manusia sadar bahwa kiamat pasti terjadi. Contohnya seperti berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi ini.

Dalam hadits lain, yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ada keterangan tambahan. Ibnu Abbas bertanya kepada Nabi ﷺ:

يَا رَسُـولَ اللهِ، وَمَنْ أَصْحَابُ الشَّاءِ وَالْحُفَاةُ الْجِيَـاعُ الْعَالَةُ قَالَ: اَلْعَرَبُ.

“Wahai Rasulullah, dan siapakah para pengembala, orang yang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan yang miskin itu?” Beliau menjawab, “Orang Arab.” (Musnad Ahmad, IV/332-334, no. 2926).

Emirat Dubai

Dubai adalah salah satu emirat di wilayah Uni Emirat Arab (UAE). UAE sendiri merupakan sebuah negara federasi yang terdiri dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Tujuh emirat ini adalah: Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah, dan Umm al-Qaiwain. Pada tahun 1971, enam dari emirat ini – Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Sharjah, Dubai, dan Umm al-Qaiwain – bergabung untuk mendirikan Uni Emirat Arab. Setahun berikutnya, Ras al-Khaimah menyertai mereka. Dubai adalah ke-emiran yang paling populer.

Ada yang mengatakan, nama kota ini berasal dari bahasa Persia. Karena dulu wilayah ini berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Sasaniyah Persia. Ada pula yang mengatakan kata Dubai berasal dari bahasa Arab dabba (Arab: دَبَّ – يَدُبُّ) yang artinya menjalar atau mengalir. Karena di Dubai terdapat aliran sebuah sungai air garam yang sekarang dikenal dengan Khor Dubai atau Dubai Creek.

Dubai terletak di sepanjang pantai Teluk Arab dipimpin oleh keluarga al-Maktoum sejak 1883. Pemimpinnya saat ini adalah Mohammed bin Rashid al-Maktoum yang juga menjabat sebagai Perdana Menteri dan Wakil Presiden UEA.

Dubai Sebelum Metropolis

Dalam wawancara dengan BBC, Syaikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum menunjukkan rumah kakeknya, tempat bermain di masa kecilnya. Ia mengatakan, “Inilah tempat ayahku, ibuku, dan kami tinggal. Saat aku lahir tidak ada listrik di sini. Hanya bagian itu dan itu (ia menunjuk dua titik tempat lampu menyala di rumah besar itu) dan tidak ada air”.

Pernyataan singkat ini, menggambarkan bagaimana keadaan Dubai sebelum bertransofmasi menjadi kota metropolis. Rumah keluarga al-Maktoum, keluarga Emir Dubai, adalah rumah yang gelap dan kesulitan air. Apalagi rumah rakyat biasa.

Meskipun minyak sudah ditemukan sejak tahun 1966, tahun 1973, hanya ada satu hotel berkelas di sana, Hotel Sheraton. Kalau sekarang malah sangat sulit menemukan hotel yang tidak berbintang lima di Dubai, bahkan ada hotel berbintang tujuh di sana.

Simaklah gambar dan video berikut untuk mengetahui kondisi Dubai sebelum menjadi kota metropolis:

Sebuah pasar di pusat Kota Dubai pada tahun 1970
Sebuah pasar di pusat Kota Dubai pada tahun 1970
Caravan onta di Dubai. Berlangsung antara tahun 1960an - 1970an.
Caravan onta di Dubai. Berlangsung antara tahun 1960an – 1970an.
Dubai pada tahun 1960an-1970an
Dubai pada tahun 1960an-1970an

Video: Dubai tahun 1969

Dubai Metropolis

Islam adalah agama yang tidak menghalangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Inovasi dalam hal dunia dibuka selebar-lebarnya selama tidak melanggar syariat. Di zaman dahulu umat Islam terkenal dengan kemajuan arsitekturnya. Oleh karena itu, tanda hari kiamat berupa berlomba-lombanya manusia dalam meninggikan bangunan tidak dikategorikan sebagai permasalahan yang nilai dasarnya jelek. Bahkan bisa jadi pembangunan ini bermanfaat dan maslahat.

Dubai Modern
Dubai Modern

Sekarang di Dubai, semuanya serba besar, luas, dan tinggi. Megah, mewah, sampai membuat mulut ternganga. Dubai adalah kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Gurun yang kosong telah berubah menjadi gedung-gedung pencakar langit. Onta-onta telah berubah menjadi Ferrari, Mercedes, Hummer, dll. Di antara bangunan tinggi di Dubai adalah:

Pertama: Burj Dubai atau yang dikenal Burj Khalifa, Merupakan bangunan tertinggi di dunia. Tingginya 818 m, kurang 182 m lagi jadi 1 Km. di dalamnya ada 30.000 rumah dan 9 hotel mewah.

Kedua: 10 Hotel tertinggi di dunia, 7 di antaranya ada di Dubai. Lima hotel tertinggi; JW Marriott Marquis Dubai (355 m), Rose Rayhaan (333 m), Burj Al Arab (321 m) hotel termewah di dunia, Jumeirah Emirates Towers Hotel (309 m), The Address Downtown Dubai (306 m), semuanya ada di Dubai.

Ketiga: Shopping Mall terbesar di dunia adalah Dubai Mall dengan luas 50 kali luas lapangan sepak bola dan terdapat 1.200 toko. Di dalamnya ada akuarium terbesar di dunia yang isinya 33.000 hewan laut.

Keempat: al-Maktoum International Airport atau Dubai International Airport merupakan bandara terluas ke-3 di dunia.

Kelima: Dubailand. Sekarang Walt Disney World Resort di Orlando memegang rekor taman bermain terluas di dunia. Kalau pembangunan Dubailand rampung, maka taman yang luasnya dua kali lipat Walt Disney ini akan memegang rekor baru.

Aquarium di Dubai Mall
Aquarium di Dubai Mall

Masih banyak lagi gedung-gedung tinggi dan bangunan-bangunan yang ‘wah’ di Dubai. Ada menara kembar Emirates Tower yang bentuknya seperti dua batang cokelat Toblerone. Hotel bawah laut di kedalam 33 m. Gedung 68 lantai, yang tiap lantainya bisa berputar 360°. Belum lagi pulau buatannya seperti The World terdapat 300 pulau buatan membentuk peta dunia. Kemudian juga Palm Island yang terdapat 2000 vila dan 40 hotel mewah. Belum lagi kendaraan super mewah. Anda masih berpikir orang Arab identik mengendarai onta? Ubah segera perspektif lama itu. Di Dubai, mobil mewah berlapis perak dan emas pun ada. Sampai-sampai polisi Dubai layak disebut World’s Fastest Police karena kendaraan mereka McLaren MP4-12C, Lamborghini, Aston Martin, Bentley, dan Ferrari.

Mereka yang dulu miskin, telanjang kaki, tak berbaju itu telah membuktikan kebenaran sabda Nabi ﷺ.

Pelajaran:

Penulis tidak menginginkan pembaca hanya terpaku dan terhenti dalam khayalan, membayangkan kemegahan Duai. Bukan itu pesan yang ingin disampaikan.

Cobalah renungkan Sabda Nabi ﷺ. Bernarlah apa yang beliau kabarkan. Hal itu pula menunjukkan mukjizat beliau. Beliau mengabarkan tentang sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang. Orang yang hidup di masa tersebut akan menyaksikannya.

Beliau mengabarkan tentang orang-orang miskin berlomba-lomba meninggikan bangunan. Hal itu telah terjadi. Dan kita telah menjadi saksinya. Beliau mengabarkan tentang turunnya Nabi Isa, keluarnya Dajjal, Ya’juj dan Ma’juj, hal ini pun pasti terjadi. Orang yang hidup di zamannya akan menjadi saksinya.

Dan beliau ﷺ mengabarkan tentang kenikmatan surga dan kengerian neraka, orang yang percaya sebelum mereka menyaksikannya, merekalah orang yang beruntung dan berbahagia. Orang yang baru percaya ketika menyaksikannya, mereka benar-benar dalam penyesalan dan duka cita yang mendalam.

“Saat ini, dunia itu nyata dan neraka hanyalah cerita. Akan tetapi ketika di akhirat, Neraka adalah nyata dan dunia hanyalah cerita.”

Sumber:
– al-Wabil, Yusuf bin Abdillah. TT. Asyrath as-Sa’ah. Dar Ibnu al-Jauzi.
– nationalgeographic.com
– wikipedia.org. dll.

Oleh Nurfitri Hadi (@nfhadi07)
Artikel www.KisahMuslim.com

Previous post

Foto-Foto Ruang Dalam Ka’bah

Next post

18 Ramadhan, Wafatnya Khalid bin Walid

31 Comments

  1. June 18, 2015 at 2:58 pm —

    benar2 mengagumkan

  2. Iqbal
    June 18, 2015 at 3:44 pm —

    subhanallahilazhiim wabihamdihiii
    Maha benar Allah dan Rasulnya saat memberitakan dunia dan akhirat

  3. Mhammad
    June 18, 2015 at 5:39 pm —

    tulisannya benar2 luar biasa..

  4. egadged
    June 18, 2015 at 6:47 pm —

    iya saya meng amini smua sabda nabi.,.,bahwa smua akan benar dan terjadi.,allahuallam

  5. Tokopasir
    June 18, 2015 at 7:27 pm —

    ﷺ , Subhanallah . Pengen juga dong kecipratan kaya orang kaya di dubai .

  6. Rivalti Rivai
    June 19, 2015 at 1:10 am —

    So amazing.

  7. niko
    June 19, 2015 at 3:43 pm —

    subahanallah

  8. Konveksi jogja
    June 19, 2015 at 8:44 pm —

    kiamat itu pasti akan tiba..

  9. ibn
    June 20, 2015 at 12:37 am —

    Menurut ane lebih tepat kalau tanda2 yg disebut oleh Rasulullah ada di Amerika, lihat sejarah amerika yg terbelakang. Dari suku Indian yang hampir bugil kemudian di invasi oleh bangsa asing, kemudian menjadi patokan modernisasi dunia. segala macam kontradiksi ahlaq ada di US. dan Dubai hanyalah secuil dari sekian banyak boneka Amerika yang jadi gelap mata demi mendapatkan minyaknya. Konspirasi mengubah sudut pandang dunia terhadap tanah arab yang religius menjadi tempat berhala.
    maaf bila pandangan ane terlalu sempit.

    • June 20, 2015 at 1:36 pm —

      Nabi sendiri mengatakan orang Arab, sebagaimana hadits yang disebutkan dalam artikel, dari Ibnu Abbas diriwayatkan Imam Ahmad.
      Kemudian, dalam rangka saling menasihati, kita tidak tahu apa isi hati mereka di pemimpin kaum muslimin di Dubai. Jangan mudah menuduh. Apa yg tidak kita tahu jauh lebih banyak dr yg kita ketahui dr secuil berita. Alangkah bijak kita tidak mudah menghakimi dan menyebut kaum muslimin dg sebutan jelek.

    • dimas
      July 4, 2015 at 10:39 am —

      Mas..yg di katakan beliau adalah orang arab..bukan us

    • Aji
      October 28, 2015 at 10:59 pm —

      Jelas sekali yang dikatakan Nabi Salallahu’alaihi wassalam itu orang Arab,

    • Bahri
      July 31, 2016 at 1:01 pm —

      Lebih tepat Di Dubai sih daripada Amerika Serikat. Karena Amerika Serikat saat ini tidak bisa mewakili kaum indian.

    • jules
      January 3, 2017 at 11:15 pm —

      Orang2 indian amerika itu sebenarnya adalah muslim gan, coba deh agan search megnenai sejarah muslim di amerika. mungkin admin perlu juga nih membahas mengenai sejarah muslim di amerika.

  10. Risty
    June 21, 2015 at 8:05 am —

    Subhanallah

  11. andi
    July 1, 2015 at 9:47 pm —

    ijin copy …kutipan …

    “Saat ini, dunia itu nyata dan neraka hanyalah cerita. Akan tetapi ketika di akhirat, Neraka adalah nyata dan dunia hanyalah cerita.”

    • aam
      July 19, 2015 at 9:24 am —

      kutipan nya dahsyat!

      izin copas

  12. Nugroho
    July 12, 2015 at 3:50 pm —

    ijin buat thread di kaskus ya akhi
    barakallahu fiik

  13. cacca
    July 13, 2015 at 3:53 pm —

    Sepertinya belum selesai Sabda2 nabi yang menyatakan bahwa ketika dubai menjadi kota metropolis itulah tanda2 kiamat. Relevansinya kurang min, ayo digali lagi..

  14. su aili
    July 18, 2015 at 1:06 am —

    Subhanallah tulisannya bagus sekali. Sekaligus sangat menggugah hati ini spya bs lbh baik lg. MasyaAllah menjadi penetap hati yg kadang begitu bnyk meragu ini. Wah tulisan ini kembali mengingatkan saya bahwa yg d anggap makmur bkn hnya org eropa n amerika n cina aja tp org Arab! Afwan slh fokus hhe. Tp balik k fokus utama brrti memang btul ya sabda rasulullah insyaAllah trjd
    Tulisan d atas jg sdh cukup relevan koq dgn sabda rasulullah SAW bahwa terkait dgn bnyknya gedung pencakar langit d sana dsb. Syukron min izin save n share

  15. mnr4hm4n
    July 28, 2015 at 3:16 am —

    Turunnya Isa putra Maryam bukan Nabi Isa. Ingat tdk ada lagi nabi stelah Nabi Muhammad saw.

  16. adi
    August 1, 2015 at 7:43 am —

    Bagus sekali semuanya, mengingatkan akan kematian dan kehidupan fana sekarang..

  17. Elazar Ibrahim
    November 27, 2015 at 7:36 pm —

    “Beliau mengabarkan tentang sesuatu yang akan terjadi di masa yang akan datang.”

    Beliau bisa mengabarkan tentang seseuatu yang terjadi di masa depan karena diberitahu oleh Allah. Kalau beliau tidak diberitahu, ya beliau tidak akan tahu. Semua mukjizat nabi itu atas kehendak Allah.

  18. umar
    March 22, 2016 at 1:21 pm —

    izin share

  19. Park
    October 1, 2016 at 2:44 am —

    Subhanallah, baru tahu kl dahulu dubai itu kawasan yang tergolong miskin, skrg dimakmurkan sgt makmur oleh Allah jadi sptnya lbh mewah dari amerika..

  20. mnrahman
    December 18, 2016 at 3:32 pm —

    Beliau mengabarkan tentang turunnya Nabi Isa, keluarnya Dajjal, Ya’juj dan Ma’juj, hal ini pun pasti terjadi. Orang yang hidup di zamannya akan menjadi saksinya.

    Bukan NABI ISA AS, tapi ISA AS (ingat tidak ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad SAW)

    • December 21, 2016 at 10:49 am —

      Tetap Nabi Isa, demikianlah Nabi sebutkan dalam hadits-hadits beliau tentang hari kiamat. Hanya saja, saat itu yang berlaku tetap syariat Nabi Muhammad. Dan Nabi Isa mengikuti syariat Nabi Muhammad.

  21. mohammad yasin
    January 25, 2017 at 2:24 pm —

    Ass wr wb..
    Artikel dunia akherat..
    sangat bermanfaat utk diingat selalu pesan-pesan Rosulullah dan menjadikan sejarah suatu bangsa yg telah terjadi dan akan terjadi berdasarkan hadist Nabi Muhammad S.A.W..
    trima ksih admin..semoga jadi ilmu bermanfaat..amiin

Leave a reply